Penyebab Mata Silinder

Penyebab Mata Silinder – Hallo sobat sekalian bertemu lagi disini dengan admin lepaskacamata.com dan pada kesempatan kita kali ini kita akan membahas tentang penyebab mata silinder, mata silinder mungkin sudah akrab ditelinga sobat sekalian, keluhan mata ini memang sering ditemukan penderitanya disekitar kita, lalu apakah penyebab mata silinder itu? oke langsung saja kita bahas sama-sama tentang penyebab mata silinder dibawah ini.

Apa itu mata silinder?

Mata silinder atau yang dalam istilah medis sering disebut dengan istilah astigmatisma adalah masalah pada pengelihatan mata yang dikarenakan bentuk kornea mata tidak memiliki kelengkungan yang sempurna. pada mata yang normal memiliki permukaan kornea yang memiliki kelengkungan yang merata. Sehingga, saat cahaya datang ke mata, cahaya tersebut akan tersebar merata dan memberikan penglihatan yang jelas.

Namun, pada mata yang tidak bulat sempurna atau mata silinder, cahaya tidak akan tersebar secara merata di seluruh bagian mata. Sehingga, penglihatan akan menjadi agak buram dan tidak fokus. Ini mengapa orang yang punya mata silinder biasanya akan mengalami masalah penglihatan yang menjadi buram.

Hallo sobat…. ada kabar yang harus sobat tau nih, jika sobat memiliki keluhan tentang penyakit mata, apapun keluhannya dan ingin konsultasi secara GRATIS? KLIK DISINI ya. Akan kami bantu menemukan solusi terbaik untuk sobat sekalian.

Gejala Mata Silinder

Gejala-gejala yang terjadi oleh penderita mata silinder sering kali tidak disadari oleh penderita, biasanya penderita tidak menyadari memiliki pengelihatan kabur sehingga penderita sering kali merasakan kelelahan pada mata mereka, oleh karena itu gejala-gejala yang timbul dari mata silinder harus disadari agar tidak semakin parah.

biasanya penderita mata silinder akan merasakan gejala-gejala seperti pengelihatan yang berbayang, pusing, dan mata yang sering sekali merasa lelah setelah melihat jarak dekat maupun jauh. dibawah ini adalah tanda-tanda dan gejala-gejala dari terjadinya mata silinder.

Baca Juga Gejala Awal Mata Minus

  • Penglihatan akan menjadi kabur atau terdistorsi di semua jarak
  • Sakit kepala
  • Terlalu banyak/sering menyipitkan mata
  • Ketegangan pada mata, terutama ketika mata harus fokus untuk waktu yang lama, seperti membaca dari kertas atau dari monitor komputer.
  • Kesulitan mengemudi di malam hari, karena jarak pandang mata yang sedikit.

Hallo sobat…. ada kabar yang harus sobat tau nih, jika sobat memiliki keluhan tentang penyakit mata, apapun keluhannya dan ingin konsultasi secara GRATIS? KLIK DISINI ya. Akan kami bantu menemukan solusi terbaik untuk sobat sekalian.

Penyebab dari mata silinder

Penyebab dari gangguan pengelihatan Astigmatisma atau mata silinder adalah disebabkan oleh kelengkungan yang tidak sempurna pada kornea atau lensa mata. Pada umumnya, kondisi ini merupakan bawaan sejak lahir. Namun, astigmatisma juga dapat berkembang karena penyebab lain, seperti karena cedera mata, penyakit mata, atau akibat dari tindakan operasi mata.

Sebuah kondisi yang disebut dengan keratoconus juga dapat menyebabkan terjadinnya mata silinder, tapi hal ini jarang terjadi. Keratoconus merupakan sebuah gangguan kesehatan yang membuat kornea semakin menipis dan berbentuk menjadi lebih kerucut, sehingga bisa menyebabkan terjadinnya astigmatisma atau mata silinder.

Mungkin sobat juga sering mendengar bahwa kebiasaan yang buruk dapat menyebabkan astigmatisma. Seperti membaca dalam cahaya redup, duduk sangat dekat dengan televisi, bermain hp atau komputer di ruang gelap, dan sebagainya. Namun, ternyata semua ini hanyalah mitos. Kebiasaan tersebut tidak akan menyebabkan sobat memiliki astigmatisma atau mata silinder. Namun, jangan pernah sekali-kali mencontoh kebiasaan buruk itu juga, karena tidak menyebabkan mata silinder tapi hal diatas akan berdampak buruk juga pada pengelihatan sobat sekalian, jadi tetap menggunakan pengelihatan sobat semua dangan benar ya :).

Astigmatisme atau mata silinder adalah sebuah kesalahan bias yang disebabkan oleh kornea atau lensa yang tidak melengkung dengan rata atau tidak halus, bisa muncul sejak lahir atau dapat muncul akibat cedera pada mata, penyakit, atau operasi. Astigmatisme atau mata silinder tidak disebabkan oleh membaca pada cahaya yang buruk, duduk terlalu dekat dengan TV, atau menyipitkan mata.

Astigmatisme dapat muncul bersamaan dengan kesalahan bias lain, seperti:

  • Rabun jauh (miopi) atau mata minus

Rabun jauh adalah kondisi ini akan menyebabkan kornea terlalu melengkung atau mata Anda lebih panjang dari umumnya, menyebabkan penglihatan yang kabur untuk objek yang jauh.

  • Rabun dekat (hiperopia) atau mata plus

Rabun dekat adalah kondisi di mana kornea terlalu sedikit melengkung atau mata Anda lebih pendek dari umumnya, menyebabkan pandangan yang kabur untuk objek yang dekat.

Hallo sobat…. ada kabar yang harus sobat tau nih, jika sobat memiliki keluhan tentang penyakit mata, apapun keluhannya dan ingin konsultasi secara GRATIS? KLIK DISINI ya. Akan kami bantu menemukan solusi terbaik untuk sobat sekalian.

Pengobatan mata silinder

Pada kacamata yang dikhususkan untuk mata silinder, lensa kacamata akan didesain melengkung untuk menangkal penglihatan yang terlihat kabur. Ada juga lensa kontak khusus untuk mata silinder yang disebut dengan toric. Dengan lensa ini cahaya dapat dibelokan dengan benar ke arah mata. Semakin parah mata silinder, maka lensa yang dianjurkan adalah lensa berbentuk lebih kaku.

Akan tetapi, lensa kontak dan kacamata tidak akan menghilangkan silinder pada mata . Kedua alat ini hanya akan membantu kemampuan penglihatan sobat.

Untuk cara penyembuhan mata silinder paling cepat adalah dengan menempuh jalur operasi, untuk jalur operasi ada beberapa cara tapi menyembuhkan mata silinder tidak harus dengan jalur operasi, tapi dengan menggunakan cara yang alami silinder juga bisa disembuhkan, untuk sembuh dari silinder dengan cepat berikut ini caranya.

1.LASIK (laser-assisted in situ keratomileusis)

Ini adalah prosedur bedah rawat jalan yang digunakan untuk mengobati rabun jauh, rabun dekat, dan astigmatisme. Prosedur LASIK menggunakan sebuah laser yang digunakan untuk membentuk kornea untuk memperbaiki cara mata memfokuskan sinar cahaya ke retina di belakang mata.

Dengan LASIK, dokter mata menciptakan flap (pembukaan lapisan) tipis di kornea, baik menggunakan pisau atau laser. Dokter bedah kemudian melipat kembali flap tersebut, lalu dengan akurat mengangkat sejumlah khusus jaringan kornea yang berada di bawah flap dengan menggunakan laser excimer. Flap ini kemudian dikembalikan ke tempat asalnya.

Bagi orang yang rabun jauh, LASIK digunakan untuk meratakan kornea yang melengkung terlalu tajam. Namun, bagi orang yang memiliki rabun dekat, LASIK digunakan untuk melengkungkan kornea yang terlalu datar. LASIK juga dapat membenarkan kornea yang tidak teratur menjadi normal untuk penderita astigmatisme atau mata silinder.

Meskipun banyak orang telah melakukan melakukan operasi LASIK, banyak juga orang yang tidak dapat melakukannya. Sekitar 30 persen pasien yang dievaluasi oleh dokter mata secara rutin, ditolak untuk melakukan operasi LASIK dengan berbagai alasan.

Baca Juga Cara Menyembuhkan Floater

Mulai dari usia di bawah 18 tahun, sedang hamil atau menyusui, memiliki penyakit atau kondisi kesehatan tertentu, atau kondisi mata yang kurang stabil. Hubungi dokter Anda untuk melakukan pengecekan apakah Anda bisa jadi kandidat untuk operasi LASIK.

Hallo sobat…. ada kabar yang harus sobat tau nih, jika sobat memiliki keluhan tentang penyakit mata, apapun keluhannya dan ingin konsultasi secara GRATIS? KLIK DISINI ya. Akan kami bantu menemukan solusi terbaik untuk sobat sekalian.

2.Laser-assisted subepithelial keratomileusis (LASEK)

Ini adalah prosedur  untuk mengatasi mata silinder. Di mana lapisan kornea yang lebih tipis dilipat ke belakang untuk membatasi cedera pada mata yang disebabkan aktivitas sehari-hari atau olahraga.

3.Photorefractive keratectomy (PRK).

Operasi mata ini digunakan untuk memperbaiki rabun jauh, rabun dekat, atau astigmatisme yang ringan hingga sedang. Selama operasi PRK, ahli bedah mata menggunakan laser untuk membentuk kembali kornea.

Oke sobat mungkin itu saja pembahasan kita kali ini tentang penyebab mata silinder, semoga artikel ini bermanfaat untuk sobat sekalian, sampai jumpa lagi.

 

You May Also Like

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: