Penyebab Mata Berkunang-kunang

Penyebab Mata Berkunang-kunang – Hallo jumpa lagi dengan lepaskacamata.com, kali ini kita akan membahas tentang penyebab mata berkunang-kunang, masalah ini sering terjadi pada sebagian orang yang ditandai dengan pengelihatan seakan-akan melihat cahaya berkilap-kilap pada mata, tangan menjadi gemetar, maupun timbulnya rasa sakit pada daerah mata. Kenapa hal itu bisa terjadi? Mari kita bahas sama-sama.

Menurut pada ahli kesehatan, penyebab mata berkunang-kunang bisa disebabkan oleh beberapa hal, seperti:

Hipotensi postural/ ortostatik/ Darah Rendah

Hal yang biasa di rasakan adalah pandangan gelap dan mata berkunang-kunang saat hendak berdiri dari posisi duduk, biasanya penyebabnya adalah perubahan posisi secara mendadak yang menyebabkan penurunan aliran darah sehingga menimbulkan rasa pusing.

Supine Hipotensi

ini adalah tekanan darah rendah yang biasa di alami oleh wqanita yang sedang hamil, di mana ketika hamil akan terjadi tekanan pada pembuluh nadi besar (aorta) dan Pembuluh darah balik (vena kava) sebagai akibat dari semakin membesarnya rahim sang ibu. Supine hipotensi biasa terjadi ketika ibu hamil dalam posisi telentang. Untuk mengatasi hal tersebut, sebaiknya hindarilah posisi tidur atau berbaring telentang, dan sebaiknya berbaringlah ke kanan maupun ke kiri untuk menghindari terjadinya tekanan pada pembuluh darah besar.

Anemia

Merupakan gangguan kesehatan yang disebabkan oleh kurangnya jumlah sel-sel darah merah dalam tubuh, anemia bisa dialami oleh siapa saja, dan anemia berakibat pada berkurangnya jumlah pasokan oksigen dalam tubuh dan akhirnya berakibat pada tubuh menjadi terasa lemas, lelah, serta timbulnya mata berkunang-kunang.

Kurang istirahat/tidur

Akibat dari kurang tidur adalah menyebabkan kelelahan pada mata atau yang dikenal dengan astenopia yang salah satu gejalanya adalah timbulnya mata berkunang-kunang,

Baca Juga Menjaga Mata Dari Radiasi Komputer

Gangguan Visus (Ketajaman Pengelihatan)

Salah satunya adalah mata minus, jika kita mata minus maka mata akan bekerja lebih keras dan akan menyebabkan mata menjadi lebih cepat lelah, dan akhirnya akan membuat mata berkunang-kunang.

Glaukoma

Glaukoma bisa disebabkan oleh beberapa hal seperti tersumbatnya saluran yang berfungsi sebagai tempat keluarnya cairan mata. Cairan mata sendiri merupakan cairan yang secara alamiah diproduksi oleh mata kita guna menjaga kejernihan dan fungsi dari mata.

Idiopathic intracranial hypertension (IIH)

Penyakit ini ditandai dengan timbulnya rasa sakit pada bagian kepala yang disertai dengan pengelihatan kabur, Kondisi ini seringkali menandakan adanya peningkatan tekanan di kepala atau yang menekan saraf-saraf. Kondisi IIH sendiri pada dasarnya sangat jarang ditemui, dan diperkirakan gangguan ini hanya terjadi pada 1 orang di antara 100.000 orang. Adapun untuk gejala penyakit ini adalah mirip dengan gejala pada pasien pengidap tumor dan penyumbatan pembuluh darah di kepala.

Computer Vision Syndrome (CVS)

Ini adalah kondisi dimana mata mengalami kelelahan akibat terlalu lama menatap ke arah layar monitor, sebaiknya jangan lama-lama menatap layar, beri jeda waktu mata untuk beristirahat.

Tumor

Tumor merupakan penyakit yang menyerang saraf sebagai akibat dari tekanan pada saraf mata.

Sebagai Akibat dari gesekan pada mata

Ketika mengalami bersin-bersin, tanpa di sadari hal tersebut dapat menimbulkan tekanan pada bola mata atau terjadinya stimulasi saraf yang berhubungan dengan penglihatan. Pada saat bersin, seseorang bisa menyemburkan beberapa zat seperti air, udara, serta mikroba ke udara dengan kecepatan mencapai 100 mil per jam. Hal ini akan menyebabkan terjadinya gesekan yang kuat pada retina dan bola mata yang pada akhirnya akan menimbulkan misi cahaya seperti mata berkunang-kunang.

Floater

Kondisi ini bisa disebabkan oleh faktor usia, bagi mereka yang sudah berusia lanjut gel pada bola mata akan semakin mencair dan akhirnya akanmenyebabkan floater.

Vertigo

Gejala dari penyakit ini adalah penderita akan merasakan bahwa ruangan dimana tempat mereka berdiam saat itu terasa seperti berputar-putar.

Hipertensi

Mata berkunang-kunang bisa juga disebabkan oleh darah tinggi.

Mau tau cara sembuh dari berbagai penyakit mata seperti minus, plus, glaukoma, floater, silinder, dan lainnya tanpa operasi dan dalam 30 hari sudah terasa hasilnya? KLIK DISINI.!

Mungkin itu saja yang bisa lepaskacamata.com bahas untuk hari ini semoga bermanfaat untuk sobat semua, sampai jumpa lagi.

You May Also Like

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: