Mengenal Apa itu Sindrome Duane?

Mengenal Apa itu Sindrome Duane – Hallo sobat lepaskacamata.com bertemu lagi, bagaimana kabarnya? semoga baik-baik saja ya, pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang Mengenal Apa itu Sindrome Duane, apakah sobat sekalian pernah mendengarnya? admin yakin banyak yang belum tau, karena sangat jarang orang mengetahui tentang sindrome duane. oke langsung saja kita bahas Apa itu Sindrome Duane, biar sobat sekalian tidak penasaran lagi.

Saat kita melihat pasti mudah untuk melihat ke atas, bawah, kanan, atau pun kiri. dengan cepat. tapi apakah sobat tau terdapat sebagian orang yang tidak bisa dengan mudah melihat ke atas, bawah, kiri, dan kanan. ya, mereka adalah penderita sindrome duane, penderita akan mengalami kesulitan memutar satu atau kedua mata keluar atau ke dalam.

Sindrome duane adalah ganguan mata langka yang dialami sejak lahir, otot dan saraf disekitar mata akan tidak berfungsi dengan baik, dan berakibat mata tidak bergerak secara semestinya. hal ini terjadi ketika saraf yang mengontrol otot-otot mata tidak tumbuh normal saat dalam masa kandungan. akibatnya, beberapa otot yang seharusnya meregang dan melonggar ketika digerakan tidak berfungsi secara semestinya.

Baca Juga Tips Melindungi Mata Dari Radiasi Komputer

Sindrom ini tidak menyebabkan kebutaan dan tidak memiliki dampak lainnya pada kesehatan. sindrom ini biasanya hanya terjadi pada 1 mata, namun 20% orang yang mengalami sindrom ini, mengalami masalah di kedua matanya.

Dilansir dari laman WebMD, ada tiga jenis sindrom Duane, yakni:

  • Tipe 1: Orang-orang yang tidak bisa menggerakkan mata mereka yang mengalami sindrom Duane ke arah luar telinga. Ini adalah jenis sindrom Duane yang paling umum.
  • Tipe 2: Mata yang terkena sindrom Duane tidak bisa bergerak ke arah dalam hidung.
  • Tipe 3: Mata yang terkena sindrom Duane tidak bisa bergerak ke luar atau ke dalam.

Para Ahli menduga penyebab dari sindrom ini karena ada sesuatu yang terjadi di antara minggu ke-3 dan ke-8 kehamilan sehingga menyebabkan sindrom ini. Saat-saat ini adalah waktu di mana saraf dan otot mata bayi mulai berkembang.

Alhasil, terjadi perkembangan abnormal atau gagal berkembang sama sekali pada saraf kranial ke-6. Saraf kranial ke-6 adalah saraf yang mengontrol otot rektus lateral (otot yang memutar mata ke arah telinga).

Bukan hanya saraf kranial ke-6, diduga ada kaitannya juga dengan saraf kranial ke-3 yang biasanya mengontrol otot rektus medial (otot yang memutar mata ke arah hidung). Jika kedua saraf terganggu, maka kelainan terjadi pada saat pandangan ke arah luar maupun ke arah dalam. Yang paling umum terjadi adalah gangguan pada saraf kranial ke-6.

Kenapa perkembangan saraf tersebut terganggu belum diketahui penyebabnya. Kemungkinan kondisi ini dipengaruhi oleh beberapa hal. Misalnya ada masalah dalam gen tertentu atau ibu hamil terpapar sesuatu di lingkungan. Namun, sampai sekarang belum jelas apa yang sebenarnya menyebabkan sindrom ini.

Gejala paling utama dari sindrom ini adalah pergerakan bola mata yang terbatas, selain itu ada juga gejala lainnya diantaranya.

  • Posisi mata tidak sejajar kanan dan kirinya (disebut mata juling atau strabismus).
  • Penyempitan kelopak mata. Satu mata terlihat lebih kecil dari yang lain.
  • Pengelihatan berkurang pada mata yang mengalami gangguan.
  • Mata yang terkena terlihat naik dan turun.
  • Sering memiringkan atau memutar kepala untuk mencoba menjaga mata mereka tetap lurus.
  • Beberapa orang juga mengalami penglihatan ganda dan sakit kepala.
  • Mengalami sakit leher karena sering mengatur posisi kepala.

Mau tau cara sembuh dari berbagai penyakit mata seperti minus, plus, glaukoma, floater, silinder, dan lainnya tanpa operasi dan dalam 30 hari sudah terasa hasilnya? KLIK DISINI.!

Untuk pengobatan dari sindrom ini sampai saat ini belum ada cara yang benar-benar berhasil menghilangkan gerakan mata yang abnormal, karena saraf kranial yang menyebabkan masalah ini tidak dapat diperbaiki atau diganti.

Kalaupun dilakukan pembedahan, biasanya pembedahan dilakukan untuk memperbaiki kesejajaran posisi mata yang terlalu jauh, untuk menghilangkan gangguan yang ada pada bagian kelopak mata yang abnormal.

Oke mungkin itu saja penjelasan tentang Mengenal Apa itu Sindrome Duane, semoga artikel ini bermanfaat untuk sobat semua, sampai jumpa lagi.

You May Also Like

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: