Mengatasi Mata Bintitan

Mengatasi Mata Bintitan – Hallo sobat lepaskacamata.com ketemu lagi dengan admin, bagaimana kabarnya? baik? semoga selalu dalam keadaan yang baik-baik saja ya, oke sama seperti biasanya pada kesempatan kali ini kita akan memebahas tentang kesehatan mata, dan pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang Mengatasi Mata Bintitan. bintitan, bintitan merupakan sebuah penyakit yang menganggu pengelihatan kita dan sebagian besar orang pasti pernah mengalami yang namanya mata bintitan, lalu bagaimana bintitan bisa terjadi? dan bagaimana cara untuk mengatasi mata bintitan? ayo kita bahas sama-sama, tapi sebelumnya admin mau ngasih tau buat kamu yang mempunyai berbagai masalah mata seperti MINUS, PLUS, SILINDER, FLOATER, GLAUKOMA, dan masih banyak lainnya. bahwa sekarang itu gak perlu untuk bisa sembuh dari itu semua, mau tau caranya? dan juga mau dapat tips tentang kesehatan mata? KLIK DISINI.

Apa itu Bintitan?

Bintitan atau yang dalam bahasa medisnya disebut dengan hordeolum adalah kondisi ketika bintil menyakitkan yang mirip jerawat atau bisul tumbuh di tepi kelopak mata kita. Sebagian besar bintitan hanya akan muncul pada salah satu mata. Kondisi ini juga umumnya tidak berdampak buruk pada kemampuan penglihatan pengidap. Bintitan biasanya terjadi di kelopak mata bagian luar, tapi terkadang juga bisa muncul di bagian dalam. Bintil yang tumbuh di bagian dalam akan lebih menyakitkan daripada yang tumbuh dibagian luar.

Gejala-gejala yang menandai terjadinya bintitan

Indikasi bintitan paling mudah untuk mendeteksinya adalah dari tumbuhnya benjolan merah yang mirip bisul pada bagian kelopak mata. adapun gejala-gejala lain yang menyertai kondisi ini diantaranya adalah :

  • Mata berair.
  • Mata atau kelopak mata yang memerah.
  • Kelopak mata yang bengkak dan terasa nyeri.

Hampir semua kasus bintitan tidak membutuhkan penanganan medis khusus dan bisa sembuh dengan nya sendiri. Meskipun begitu, risiko komplikasi tetap akan ada. Karena itulah, sobat sebaiknya memeriksakan diri ke dokter jika bintitan yang sobat alami tidak menunjukkan tanda-tanda membaik setelah 2 hari dan pembengkakannya menyebar hingga ke bagian wajah yang lain, seperti kebagian pipi.

Baca Juga Cara Menghilangkan Floaters

Cara Mengatasi dan Mengobati Bintitan

Sebagian besar bintitan yang muncul bisa sembuh dengan sendirinya dalam waktu 7 hingga 20 hari. Bintitan akan sembuh setelah pecah dan mengeluarkan nanah. Meskipun demikian, jangan pernah sekali-sekali memencet atau memecahkan benjolan bintitan sendiri karena akan dapat memicu penyebaran infeksinya. Tunggulah dengan sabar sampai benjolan pecah sendiri secara alami.

Ada juga langkah-langkah sederhana yang bisa sobat lakukan sendiri di rumah untuk Mengatasi Mata Bintitan dan mengurangi gejala serta ketidaknyamanan karena bintil tersebut. Beberapa cara di antaranya adalah:

  • Selalu Menjaga kebersihan mata

misalnya adalah dengan menghindari pemakaian kosmetik untuk sementara.

  • Kompres menggunakan air hangat selama kurang lebih 5 sampai 10 menit

Mengompres kelopak mata dengan air hangat sebanyak 2-3 kali sehari dapat mengurangi rasa nyeri sekaligus mempercepat kesembuhan.

  • Jangan memakai lensa kontak

Hindari lensa kontak sampai bintitan sembuh.

  • Analgesik

Sobat bisa mengonsumsi analgesik atau obat pereda sakit jika memang benar-benar dibutuhkan.

Apabila bintitan yang terjadi tidak kunjung sembuh dan rasa nyeri yang dirasakan bertambah parah, sobat sebaiknya berobat ke dokter. Langkah penanganan yang umumnya dilakukan adalah dengan mengeluarkan nanah agar tekanan pada mata bisa berkurang.

Meskipun jarang, penggunaan antibiotik mungkin akan dianjurkan. Terutama jika sobat juga mengalami komplikasi lain, seperti kalazion (kista yang disebabkan oleh tersumbatnya salah satu kelenjar pada kelopak mata) atau selulitis preseptal (infeksi pada jaringan di sekitar mata).

Berikut ini juga ada cara lain untuk Mengatasi Mata Bintitan yang mudah.

  • Kompres dengan kantong teh celup

Untuk efek yang lebih cepat dan efektif, sobat bisa mengganti kompres air hangat dengan kompres teh. Kompres teh hijau atau teh kamomil terbukti paling baik untuk menangani mata bintitan. Ini karena teh hijau dan teh kamomil memiliki fungsi antibakteri yang bisa meredakan infeksi. Rendam kantong teh celup sobat dalam air panas selama kurang-lebih tiga menit. Angkat kantong teh celup dan biarkan sampai suhunya menurun (tapi tetap hangat) dan sisa-sisa air sudah merembes ke luar sehingga kompres teh tidak akan terlalu membasahi mata. Kompres pada mata yang bintitan selama kira-kira 15 menit dan ulangi kompres ini selama beberapa kali sehari.

  • Lidah buaya

Lidah buaya kaya akan kandungan mineral, vitamin, enzim, dan berbagai senyawa lain yang berguna sebagai analgesik atau pereda nyeri, antibakteri, dan antivirus. Maka, lidah buaya adalah salah satu solusi yang efektif untuk hilangkan mata bintitan. Siapkan daun lidah buaya dan belah untuk mengambil getah atau lendirnya dengan cotton bud. Kemudian oleskan getah lidah buaya tersebut pada bintitan yang muncul di kelopak mata. sobat bisa mengoleskannya selama beberapa kali dalam sehari hingga infeksi berkurang atau hilang.

  • Daun ketumbar

Membersihkan mata yang bintitan dengan daun ketumbar ternyata ampuh untuk meredakan infeksi dan pembengkakan. Daun ketumbar berkhasiat sebagai anti peradangan, antibakteri, antijamur, dan antivirus sehingga mata bintitan yang disebabkan oleh kotoran dan bakteri akan hilang lebih cepat. Rebus sejumput atau satu sendok teh daun ketumbar dengan setengah cangkir air. Kemudian tiriskan dan tunggu hingga agak dingin. Setelah itu, usapkan daun ketumbar pada mata yang bintitan. Untuk menyembuhkan mata bintitan lebih cepat, sobat juga bisa langsung meminum air rebusan daun ketumbar tersebut.

  • Air garam

Garam memiliki kandungan magnesium yang ampuh membunuh bakteri dan mengurangi rasa sakit akibat infeksi pada mata bintitan. Untuk memanfaatkan garam sebagai antiseptik alami, larutkan garam dalam air hangat dan aduk hingga rata. Lalu celupkan kain lembut atau kapas pada larutan air garam tersebut dan letakkan pada mata yang bintitan seperti kompres. Diamkan selama 15 sampai 20 menit dan ulangi sampai bintitan mereda.

Baca Juga Cara Menyembuhkan Mata Minus Parah

Cara Pencegahan Bintitan

Untuk mencegah bintitan, menjaga kebersihan mata adalah langkah terpenting agar terhindar dari bintitan. Proses tersebut dapat kita lakukan melalui langkah-langkah sederhana diantaranya adalah :

  • Jangan menggosok mata. Tindakan ini dapat memicu iritasi dan berpindahnya bakteri ke mata.
  • Lindungi mata sobat dengan senantiasa mencuci tangan sebelum menyentuh mata atau memakai kacamata pelindung saat membersihkan rumah agar terhindar dari debu.
  • Jika sobat memakai lensa kontak, cuci dan sterilkan sebelum digunakan. Pastikan sobat tidak lupa mencuci tangan sebelum memasangnya.
  • Perhatikan kosmetik yang sobat gunakan. Hindari kosmetik yang kedaluwarsa, bersihkan dandanan pada mata sebelum tidur, dan buanglah kosmetik untuk mata yang pernah sobat gunakan sebelum dan sewaktu mengidap bintitan.
  • Segera tangani infeksi atau inflamasi pada kelopak mata dengan seksama.

Buat yang mau menyembuhkan mata bintitan dan sekaligus membersihkan mata serta menyegarkan mata sekarang ada tetes mata yang seperti itu, bukan hanya itu USP dari tetes ini adalah bisa untuk menyembuhkan berbagai keluhan mata seperti MINUS, PLUS, FLOATER, SILINDER, GLAUKOMA, dan masih banyak lagi. juga jika dalam waktu 30 hari/sebulan tidak ada perubahan maka sobat bisa klaim garansi 100% uang kembali, MAU? KLIK DISINI.

oke mungkin itu saja pembahasan kali ini tentang Mengatasi Mata Bintitan, semoga artikel ini bermanfaat untuk sobat semua, sampai jumpa lagi.

You May Also Like

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: