Mata Sering Merasa Silau

Mata Sering Merasa Silau – hallo sobat, pernah merasakan saat melihat cahaya terang tiba-tiba mata menjadi sangat silau, dan akhirnya akan membuat kita menjadi buta sementara. Kenapa hal itu bisa terjadi? Baiklah mari kita bahas sama-sama tentang kenapa mata sering merasa silau.

Mata memang sebenarnya membutuhkan cahaya yang cukup untuk agar bisa melihat keadaan disekitar, tapi terkadang ada beberapa orang yang memiliki masalah dengan cahaya yang membuat mata menjadi silau. Hal ini akan menimbulkan masalah saat berpapasan dengan cahaya yang terang bahkan bisa memicu sakit kepala yang hebat.

Kenapa cahaya penting untuk melihat? Cahaya dibutuhkan untuk melihat disekitar kita dan apa warnanya, cahaya berguna untuk memantulkan objek dari yang kita lihat dan seriap objek akan memantulkan cahaya yang berbeda. Pantulan cahaya masuk ke dalam mata lalu dikumpulkan oleh retina dan diproses oleh otak untuk mendapatkan gambar-gambar yang kita lihat.

Kenapa mata sering merasa silau? Ada 2 jenis silau yaitu silau discomfort dan silau disability.

Silau discomfort terjadi ketika sumber cahaya terlalu kuat bagi mata Anda. Hal ini biasanya memicu refkeks sobat untuk memicingkan mata atau menutupinya dengan tangan, atau malah menutup mata. Salah satu contohnya adalah saat Anda pindah dari ruangan gelap langsung ke tempat yang terang. saat mata menyesuaikan cahaya yang masuk, mata akan terasa tidak nyaman dan kadang juga terasa menyakitkan.

Biasanya mata dapat menyesuaikan diri dengan cahaya tersebut hanya dalam waktu beberapa detik. Mata menyesuaikan diri dengan mengecilkan ukuran pupil agar cahaya masuk berkurang. Kesimpulannya adalah, gangguan mata silau discomfort ini hanya menyebabkan ketidaknyamanan seperti namanya “discomfort”.

Silau disability dapat memengaruhi kemampuan sobat untuk melihat. Jenis silau ini dapat disebabkan oleh gangguan pada mata serta dapat terjadi hanya karena sedikit cahaya saja. Struktur mata Anda biasanya bersih, jernih, atau bening, sehingga memungkinkan cahaya langsung menembus masuk ke retina. saat usia bertambah, bisa saja sobat mengalami gangguan mata yang membuat struktur mata menjadi kurang jernih. Salah satu gangguan mata yang paling umum dialami adalah katarak. Jika Anda memiliki katarak, lensa di mata tidak jernih seperti seharusnya. Hal ini membuat cahaya yang masuk ke mata terhambur dan tidak langsung menembus melalui lensa mata. Akibatnya Anda jadi kesulitan melihat dengan jelas dan mengalami gangguan mata silau. Jumlah cahaya yang terhamburkan tergantung pada jumlah cahaya yang masuk ke mata dan seberapa parah katarak yang dimiliki. Semakin terang cahaya yang masuk ke mata maka semakin banyak juga cahaya yang terhambur, sehingga menyebabkan Anda merasa lebih silau. Karena itulah penderita katarak sering mengalami banyak gangguan mata silau.

Jika mata sering merasa silau mungkin anda menderita salah satu gangguan berikut.

  1. Albinisme okuler—beberapa orang dilahirkan dengan kelainan genetik ini, yaitu kekurangan pigmen di mata.
  2. Katarak
  3. Degenerasi makula
  4. Uveitis
  5. Kondisi yang memengaruhi permukaan depan mata, misalnya konjungtivitis (mata merah), mata kering, atau masalah kornea.

Bisa juga terjadi mata sering merasa silau karena penggunaan obat, misalnya obat tetracycline, antibiotik, dan digitalis yang digunakan untuk mengobati masalah jantung.

Baca Juga Apa Itu Mata Silinder dan Apa Bahayanya?

Lalu bagaimanakah caranya untuk bisa menyembuhkan mata sering merasa silau? Cara paling mudah adalah dengan membatasi cahaya masuk ke mata, seperti contohnya dengan.

  1. Lindungilah mata Anda dengan tangan atau pakai topi yang pinggirannya lebar agar menghalangi cahaya berlebihan masuk ke dalam mata.
  2. Kacamata yang lensanya bisa berubah warna juga membantu meminimalkan cahaya masuk ke mata sehingga mengurangi gangguan mata silau yang Anda alami.
  3. Jika berada di luar ruangan kenakanlah kacamata hitam yang memiliki filter UV sehingga dapat melindungi mata Anda dari sinar UV berbahaya dari cahaya matahari. Kacamata hitam yang baik memberikan perlindungan terhadap UV A dan UV B.
  4. Bisa juga dengan mengenakan kacamata light activated yang lensanya bisa berubah menjadi gelap dalam kondisi terang.
  5. Lensa polarized dapat mengurangi silau yang terpantul dari permukaan benda-benda, misalnya cahaya yang dipantulkan dari air atau dari kap mobil.
  6. Sebelum memasuki ruangan yang terang atau tempat yang silau, pakailah dulu kacamata hitam agar tidak sampai sakit mata.

Gunakanlah suplemen atau obat tetes mata yang bisa menyegarkan mata, seperti contohnya adalah OcculusVit. Karena herbal mata ini bukan hanya dapat menyegarkan mata tapi juga bisa menyembuhkan mata minus, plus, floater, glaukoma, dan masih banyak lagi. Dan hebatnya 1 bulan sudah terasa perubahanya, mau tau tentang occulusvit? KLIK DISINI.

Mungkin itu saja yang bisa kita bahas untuk hari ini tentang Mata Sering Merasa Silau, semoga bisa bermanfaat untuk sobat sekalian, sampai jumpa lagi.

 

 

You May Also Like

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: