Apa itu Lubang Makula dan apa Penyebabnya

Apa itu Lubang Makula dan apa Penyebabnya – Hallo sobat!! Berjumpa lagi dengan admin lepaskacamata.com pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang Apa itu Lubang Makula dan apa Penyebabnya, ini adalah artikel terusan dari Penyakit pada retina yang pernah kita bahas sebelumnya. Oke langsung kita bahas saja.

Lubang makula atau macular hole adalah kondisi dimana terdapat lubang pada makula, makula sendiri adalah merupakan salah satu bagian dari dinding belakang mata yang berfungsi untuk memberikan pandangan yang tajam.

Soal masalah terjadinya lubang makula ini bisa bermacam-macam namun yang paling umum adalah karena umur. Didalam bola mata terdapat sebuah cairan seperti gel yang berfungsi untuk menjaga keutuhan bentuk bola mata. Seiring bertambahnya usia, jumlah cairan dalam bola mata ini akan mengkerut. Salah satu bagian bola mata yang disebut makula tersebut, karena menempel pada gel, menjadi robek karena tertarik oleh gel yang mengkerut, dan terjadilah lubang. Diantara kondisi lain yang bisa menyebabkan macular hole adalah diabetes, cedera pada mata, minus yang terlalu tinggi dan Best’s disease.

Penyakit lubang makula berbeda-beda dan ada tingkatanya diantaranya adalah Tipe foveal detachments – 50% ini akan memburuk bila tidak ditangan, Tipe partial-thickness holes – 70% akan memburuk bila tidak ditangani, Tipe full-thickness holes – Mayoritas akan memburuk bila tidak ditangani.

Lubang makula dapat terjadi karena Vitreous penyusutan dan / atau pemisahan, Penyakit diabetes mata, Tinggi jumlah rabun jauh (miopia), Makula mengerut, Sebuah retina terlepas, Penyakit Best (mewarisi kondisi kerusakan makula menyebabkan), Mata cedera.

Pengobatan lubang makula paling umum adalah vitrectomy, pengobatan ini adalah operasi yang bertujuan untuk menghilangkan vitreous gel untuk menghentikannya dari menarik pada retina, kemudian disisipkan campuran udara dan gas ke ruang angkasa sekali diduduki oleh vitreous. gelembung udara dan gas menempatkan tekanan pada tepi lubang makula, yang memungkinkan untuk menyembuhkan.

Sementara gelembung melakukan tugasnya, Anda harus berbaring menghadap ke bawah sehingga gelembung tetap di tempat yang tepat di mata, selama dua sampai tiga minggu! Meskipun bisa sangat membosankan dan menjengkelkan untuk tinggal diam begitu lama, pendekatan ini mutlak diperlukan bagi Anda untuk mencapai visi terbaik setelah pengobatan. Mau tau cara mengobati penyakit mata seperti minus, plus, floater, silinder, glaukoma tanpa operasi cek disini.!!!

Mungkin itu saja yang dapat kita bahas untuk hari ini tentang Apa itu Lubang Makula dan apa Penyebabnya. Semoga artikel ini bermanfaat bagi sobat semua, sampai jumpa lagi.

Orang Juga Mencari:

You May Also Like

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: