Apa itu Kalazion?

apa itu kalazion? – Hallo sobat!! bertemu lagi dengan admin lepaskacamata.com bagaimana kabarnya? semoga selalu dalam keadaan yang baik-baik saja ya, oke pada kesempatan kali ini kita akan memabahas tentang apa itu kalazion? sobat sekalian pernah mendengar istilah tersebut? jika belum ayo kita bahas bersama-sama.

Kalazion adalah pembengkakan atau benjolan kecil yang muncul pada kelopak mata akibat penyumbatan kelenjar meibom atau kelenjar minyak. Kalazion biasanya muncul di kelopak mata bagian atas, namun juga dapat muncul di kelopak mata bagian bawah atau bahkan bisa juga terjadi pada kedua mata. Benjolan biasanya berukuran kecil sekitar 2-8 milimeter. Kalazion dapat hilang tanpa penanganan khusus.

jumlah benjolan yang yang tumbuh di kelopak mata, terkadang bisa lebih dari 1, yang berakibat pada mata terlihat seperti mengalami pembengkakan yang tidak merata. dan kondisi ini biasa disebut dengan kalazia.

penyebab terjadinya adalah karena pada permukaan bagian dalam kelopak mata terdapat kelenjar kecil yang disebut kelenjar meibom. Kelenjar bertugas untuk memproduksi cairan yang kemudian bercampur dengan air mata dan berfungsi untuk melindungi dan melembapkan mata, sehingga bola mata tidak kering dan iritasi. Jika kelenjar ini mengalami penyumbatan, maka cairan akan menumpuk dan membentuk benjolan yang berisi cairan. Kondisi inilah yang menyebabkan kalazion.

kalazion dapat dialami oleh semua orang dan dari segala usia, namun ada beberapa kondisi yang meningkatkan resiko kalazio, diantaranya Kondisi kulit tertentu, seperti rosacea atau dermatitis seboroik, Blefaritis, yaitu peradangan pada tepi kelopak mata, Diabetes, Pernah menderita kalazion sebelumnya.

Kalazion biasanya lebih sering terjadi di kalangan dewasa dibandingkan anak-anak. Biasanya, gejala yang muncul, di antara adalah.

  • Benjolan kecil yang muncul di kelopak mata.
  • Kelopak mata membengkak.
  • Rasa mengganjal atau tidak nyaman.
  • Kulit di sekitar kelopak mata memerah.
  • Mata berair.
  • Nyeri atau iritasi ringan.
  • Benjolan yang cukup besar dapat menekan bola mata dan menyebabkan penglihatan kabur.

Baca Juga Mengatsi Bulu Mata Rontok Dengan Bahan Alami

Kalazion biasanya jarang membutuhkan penanganan medis secara khusus. Sebagian besar penderita kalazion dapat sembuh dengan sendirinya tanpa perawatan khusus dalam waktu 2-6 bulan. tapi ada beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk membantu proses penyembuhan kalazion, di antaranya adalah:

  • Kompres air hangat. Gunakan kain atau handuk kecil yang telah direndam dalam air hangat, kemudian kompres dengan lembut ke kelopak mata selama 5-10 menit. Lakukan kompres secara rutin sebanyak 3-4 kali sehari. Rasa hangat dan sedikit tekanan ke benjolan dapat mengurangi rasa mengganjal pada kelopak mata dan dapat melembapkan permukaan benjolan.
  • Pijatan lembut. Lakukan pijatan lembut pada bagian benjolan setelah dikompres air hangat. Langkah ini dilakukan untuk mengeluarkan cairan dari dalam benjolan. Pastikan bahwa tangan sobat sudah bersih sebelum melakukan pemijatan, atau gunakan cotton bud.
  • Bersihkan kelopak mata sedikitnya 2 kali sehari untuk menghilangkan minyak dan sel kulit mati yang menyebabkan pembentukan cairan di dalam benjolan.

Jika benjolan tidak juga hilang dengan penanganan di atas, dokter mungkin akan menganjurkan untuk melakukan operasi kecil. Prosedur operasi kalazion ini dilakukan di bawah anestesi, biasanya anestesi lokal. Setelah kelopak mata mati rasa, dokter mata akan membuat sayatan kecil di area permukaan benjolan untuk mengeluarkan cairan. Dokter akan memberikan resep obat tetes atau salep mata berisi antibiotik untuk digunakan selama masa penyembuhan pasca operasi.

Mau tau cara sembuh dari berbagai penyakit mata seperti minus, plus, glaukoma, floater, silinder, dan lainnya tanpa operasi dan dalam 30 hari sudah terasa hasilnya? KLIK DISINI.!

Untuk menghindari terjadinya kalazion, ada beberapa cara yang bisa dilakukan diantaranya Cucilah tangan Anda sebelum menyentuh mata, Pastikan segala sesuatu yang kontak langsung terhadap mata bersih dan steril, seperti lensa kontak dan kacamata.

mungkin itu saja yang bisa kita bahas untuk kali ini tentang apa itu kalazion? semoga artikel ini bermanfaat untuk sobat semua, sampai jumpa lagi.

Orang Juga Mencari:

You May Also Like

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: