Apa Itu Heterochromia Iridum?

Apa Itu Heterochromia Iridum? – Hallo sobat, bertemu lagi dengan lepaskacamata.com sobat sekalian pernah mendengar tentang Heterochromia? mungkin banyak yang belum tau apa itu heterochromia, jadi mari kita bahas bersama-sama apa itu heterochromia iridium, oke langsung saja.

heterochromia Iridium adalah sebuah kelainan pada mata yang membuat mata sebelah kiri dan kanan memiliki warna yang berbeda, kenapa hal itu bisa terjadi? Dalam ilmu anatomi tubuh, Heterochromia mengacu kepada perbedaan warna. Perbedaan warna ini tidak hanya terjadi pada Iris, namun juga bisa terjadi pada rambut dan kulit. Heterochromia terjadi karena adanya kekurangan maupun kelebihan jumlah melanin. Hal ini lah yang menyebabkan terjadi, karena mungkin adanya penyakit, rekayasa genetika, cedera atau bahkan karena warisan dari orang tua.

Warna pada mata ditentukan oleh jumlah melamin, suatu pigmen coklat gelap yang terdapat pada mata disebut dengan “iris”, sementara mata yang bewarna biru terjadi karena disebabkan oleh sedikitnya jumlah melamin yang ada, sementara itu mata bewarna coklat menunjukan bahwa iris mata seseorang mempunyai kandungan melamin yang banyak. Orang-orang dengan warna rambut dan kulit yang lebih gelap memiliki lebih banyak melanin sehingga mereka memiliki mata berwarna coklat, sementara orang dengan warna rambut dan kulit yang lebih pucat memiliki jumlah melanin yang lebih sedikit sehingga biasanya mereka akan memiliki warna mata yang lebih terang. Saat seseorang memiliki jumlah melanin yang berbeda pada setiap iris mata mereka, maka mata mereka pun akan memiliki warna yang berbeda. Hal ini disebut sebagai Heterochromia Iridium.

Baca Juga Khasiat Bawang Putih dan Bawang Merah

Heterochromia Iridium memang untuk manusia sangat jarang terjadi, tetapi untuk binatang hal ini sangat umum seperti pada kuda, kucing, dan beberapa spesies anjing. Heterochromia Iridium diduga sebagai akibat dari perubahan pada satu dari beberapa gen yang mengatur warna mata. Beberapa jenis sindrom medis, misalnya Waardenburg Syndrome, juga dapat mengakibatkan seseorang untuk memiliki dua warna mata yang berbeda.

Heterochromia Iridium menurut bentuknya terbagi menjadi 3 yaitu.
1. Heterochromia sebagian bisa diartikan salah satu mata memiliki 2 warna sekaligus. Contohnya warna iris asli cokelat namun disebelah mata iris cokelat ini memiliki warna lain yaitu biru baik itu dikit atau udah menguasai ¾ warna cokelat.
2. Heterochromia penuh bisa diartikan satu iris mata beda dengan sebelahnya. Contoh warna mata cokelat untuk mata kanan tetapi warna mata kiri biru sempurna kecuali titik hitam (pupil) ditengah mata.
3. Heterochromia pusat bisa diartikan warna iris yang berbeda dengan warna asli mata tidak penuh, hanya mengelilingi pupil jadi kaya mata bunga yang memiliki inti hitam lalu kelopak dalam berwarna hijau kemudian kelopak luarnya berwarna biru.

Apakah Heterochromia itu berbahaya? Hingga sekarang bisa dibilang bahwa heterochromia bukanlah penyakit yang berbahaya kecuali disebabkan oleh tumor. Bila tumor ganas berarti harus segera di operasi. Sampai sekarang belum ada keluhan tentang heterochromia terutama dari artis –artis yang mengalaminya seperti artis Kate Bosworth, Alice Eve, Jane Seymour, Kiefer Sutherland, Christopheer Walken dan yang lainnya.

Mungkin itu saja yang bisa lepaskacamata.com ulas tentang Apa Itu Heterochromia Iridum untuk hari ini semoga artikel ini bermanfaat untuk sobat semua, sampai jumpa lagi.

You May Also Like

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: