Tips Mengatasi Kacamata Berembun

Hallo sobat!! kalau kamu adalah salah satu pengguna kacamata mungkin kamu akan mengalami hal yang bikin kesel banget yaitu kaca kacamata berembun, khususnya buat kamu yang sering menggunakan motor saat berkendara dalam keadaan dingin atau saat hujan otomatis kaca mata mu akan berembun parah dan terpaksa membuat kamu harus berhenti untuk menghilangkan embun tersebut, keadaan bisa lebih parah jika kamu berkendara saat malam di tambah dengan kabut yang tebal.

Lapisan buram yang terbentuk di lensa kacamata disebabkan minyak tubuh di bulu mata,  tangan, telinga, wajah, jejak sidik jari, kelembapan udara, dan debu menempel di permukaannya. Belum lagi kalau kacamata sering disangkutkan di kepala sehingga terkena minyak pada rambut dan kulit kepala. Tumpukan sebum ini mengurangi efektivitas lensa kacamata. Buat kamu yang punya masalah yang sama ada tips nih supaya kacamatamu tidak mengembun lagi.

Membersihkan kacamata yang paling tepat adalah dengam menggunakan kain mikrofiber khusus kacamata, caranya adalah:

  1. Basuhlah kacamata pada aliran air untuk menghilangkan partikel debu yang ada pada permukaannya. Langkah ini perlu Anda lakukan agar partikel debu tidak menggores lensa ketika dilap kemudian.
  2. Teteskan larutan sabun cair cuci piring sedikit pada lensa agar mnghilangkan sebum juga kelembapan.
  3. Ratakan sabun hingga berbuih di seluruh permukaan kacamata memaki jari-jari Anda, lalu bilas.
  4. Gunakan kain mikrofiber bersih untuk mengeringkan kacamata. Posisikan ibu jari dan telunjuk mengapit lensa berlapis kain mikrofiber untuk membersihkan kedua sisinya. Hindari menggosoknya secara kasar.
  5. Anda bisa melanjutkannya dengan cairan pembersih kacamata, namun langkah ini bersifat opsional.

Kemudian adalah cara perawatan kacamata yang benar dan agar membuat kualitasnya lebih tahan lama adalah:

  1. Jangan membersihkan kacamata dalam keadaan kering. Ini akan menyisakan goresan di lensa permanen.
  2. Pakai sabun yang tidak mengandung alkohol atau cairan pembersih khusus agar kotoran benar-benar bersih.
  3. Cuci kacamata menggunakan air dingin atau air keran. Jangan pakai air panas juga sikat karena akan merusak lapisan pelindungnya.
  4. Setelahnya, keringkan satu arah menggunakan kain berserat mikro yang sangat halus. Hindari menekan lensa terlalu keras.
  5. Simpan kacamata pada tempatnya saat tidak digunakan agar terhindar dari debu.

Langkah diatas bisa dilakukan rutin setiap hari tanpa perlu melewatkan bagian disamping lensa kacamata, yaitu gagang dan bingkainya. Lensa berbahan plastik yang mulai menggeser dominasi lensa berbahan kaca pun bisa dicuci dengan cara di atas. Lensa jenis ini mudah tergores, karena lebih lunak, jadi hati-hatilah saat membersihkannya. Apa pun jenis lensa Anda, kotak kacamata merupakan tempat penyimpanan terbaik.

You May Also Like

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: