Tips Kesehatan Mata

Tips Kesehatan Mata

Tips Kesehatan Mata – Mata adalah salah satu indra yang akan melihat bagaimana indah terciptanya dunia beserta seluruh keindahan keindahan alam yang menyejukkan pandangan. Mata adalah indra penglihatan yang harus kita jaga agar semua aktivitas yang kita lalui berjalan dengan lancar. Kali ini mari kita ulas tentang Mata, Kesehatan Mata dan Tips apa saja yang perlu dilakukan untuk menjaga kesehatan mata.

Bagian – Bagian Mata (Anatomi Mata) dan Fungsinya

Secara garis besar mata memiliki dua organ yang penting diantaranya organ luar dan organ dalam. Organ luar terdiri dari, bulu mata, kelopak mata dan alis mata. Sedangkan organ bagian dalam terdiri dari lensa mata, retina atau selaput jala, kornea , iris , pupil, aqueous Humor, Vitreous Humor dan Otot Mata.

Bagian - Bagian Mata,Tips Kesehatan Mata

Pada organ bagian luar , Bulu mata berfungsi sebagai penyaring sinar atau cahaya yang akan diterima sebelum masuk ke bola mata. Kelopak mata berfungsi sebagai pelindung mata dari partikel partikel semacam debu atau partikel asing lainnya. Alis mata  yang berada tepat diatas mata memiliki fungsi untuk menahan mata dari jatuhnya air (saat hujan) atau keringat

Pada organ bagian dalam. Lensa mata memiliki fungsi untuk mengatur fokus cahaya yang nantinya diteruskan kepada retina. Sama halnya ketika anda mencoba menggunakan kamera dslr maka untuk mendapat gambar yang jelas anda harus mengatur fokus lensa kamera tersebut. Retina/Selaput Jala berfungsi menangkap cahaya yang masuk kemata dan mengirim ke otak untuk diproses syaraf optik, bagian selaput jala adalah lapisan yang sangat tipis.

Kornea, yang terletak dipaling luar dari mata berfungsi sebagai sebagai penerima dan filter cahaya dari lingkungan sekitar. Setelah diterima, Iris yang mengatur banyak sedikitnya cahaya yang masuk. Selanjutnya bagian mata yang lain adalah Pupil, hampir sama dengan iris, pupil menhatur cahaya yang masuk ke bola mata, pupil terletad ditengah iris yang dapat membuka dan menutup.

Aqueous Humor, berfungsi untuk menjaga bentuk kantong depan bola mata sedangkan Vitreous Humor  yang berupa cairan bening berada di rongga mata berfungsi meneruskan cahaya dari lensa menuju ke retina. Bagian yang terakhir yakni Otot mata yang memiliki fungsi untuk mengatus besar kecilnya lensa.

Pentingnya Menjaga Kesehatan Mata

Pentingnya menjaga kesehatan mata - Tips Kesehatan Mata

Sangat penting tentu menjaga kesehatan mata. dengan menjaga kesehatan mata kita sedang menysukuri karunia Yang Maha Esa. Betapa banyak saudara-saudara kita dilahirkan dengan keterbatasan. Maka bagi kita yang memiliki nikmat berupa mata harus menjaganya dengan baik. Tak hanya itu dengan merawat kesehatan mata kita juga ikut berinvestasi untuk penglihatan kita dimasa mendatang supaya dapat melihat dengan jelas tanpa bantuan alat dan tentunya menjaga kesehatan mata agar dapat memberikan manfaat bagi orang lain terutama juga terhadap diri sendiri. Penting untuk menjaga dan mengetahui tips kesehatan mata.

Akibat apabila tidak menjaga kesehatan mata

Banyak sekali akbibat yang akan anda rasakan apabila anda tidak  menjaga kesehatan mata, tentu mata anda akan lebih mudah terkena penyakit. Mata anda akan lebih mudah untuk terasa lelah dan akan menghalangi anda bekerja secara lancar dalam melakukan setiap aktivitas anda.

Penyakit mata yang sering di derita

Apabila kita mengabaikan masalah kesehatan mata , maka bukan satu hal yang mustahil anda dapat mendirita berbagai gangguan atau kelainan yang disebabkan oleh mata. Diantara kelainan dan penyakit yang sering diderita adalah sebagai berikut:

1. Hipermetropi (Rabun Dekat)

Hipermetropi atau sering dikenal dengan mata plus disebabkan oleh lensa mata yang terlalu pipih. Hal ini meyebabkan penderita rabun dekat tidak bisa melihat objek objek yang dekat, dang mengharuskan penderitanya menguunakan lensa cembung agar dapat melihat dengan baik.

2. Presbiopia (Mata Tua)

Presbiopi atau familiar dengan istilah mata tua adalah kelainan pada mata yang disebabkan oleh faktor usia dimana daya akomodasi terhadap mata berkurang. Biasanya penderita presbiopia harus menggunakan lensa cembung dan cekung sekaligus agar dapat melihat dengan jelas.

3. Astigmatima

Astigmatisma adalah kelainan mata yang disebabkan korena mata yang tidak berbentuk bola, sehingga cahaya yang masuk kemata tidak maksimal dan tidak terpusat secara sempurna. Akibatnya benda yang dilihat jadi berbayang, atau dalam istilah kerennya adalah keluhan mata silindris.

4. Miopi (Rabun jauh)

Miopi

Miopi atau miopia atau mata minus disebabkan karena sinar yang masuk jatuh di depan retina akibatnya mata tidak bisa melihat objek dalam jarak yang jauh. Penderitanya harus menggunakan lensa cekung (negatif ) untuk menempatkan baangan yang jatuh tepat pada retina.

5. Buta Warna

Buta warna terjadi ketika ada masalah dengan butiran sensor warna (pigmen) dalam sel saraf tertentu dari mata. Penderita buta warna akan cenderung kesusahan dalam membedakan warna, atau warna tersebut akan tertukar tukar. penderita buta warna biasanya akan cocok ketika menggunakan kacamata dengan lensa yang dapat mengurangi cahaya, karena jika terlalu terang atau silau penderita buta warna lebih sulit membedakan warna.

6. Pinguecula

Istilah pinguecula terjadi ketika membran mukosa tipis yang membatasi dalam dari kelopak mata dan melipat ke belakang membungkus permukaan depan dari bola mata. Pingueculamerupakan pertumbuhan jaringan tipis (selaput) non-kanker di konjugtiva dan tidak berbahaya.

Penelitian tentang kesehatan mata

Pentingnya Menjaga Kesehatan Mata

Penelitian yang dilakukan oleh Philips Lighting mengambil sampel sekitar 8 ribu orang dewasa dari sebelas negara tentang seberapa banyak orang memikirkan kenyamanan dalam penglihatan. Indonesia menjado saah satu negara yang menjadi objek penelitian. Di dapatkan hasil bahwa pada umumnya rata rata orang menghabiskan waktu lebih dari 6 jam dalam sehari untuk berhadapan dengan layar, dan hanya 42 persen peserta penelitian yang memikirkan pencahayaan terbaik untuk mata. Sisanya tidak memperhatikan hal tersebut.

Lebih detail 46 Peren dari masyarakat indoneisa yang menganggap kesejahteraan diri penting juga berfikir bahwa kesehatan mata juga tak kalah penting. Namun terkait tentang menjaga dan merwat mata masyarakat Indonesia paling jarang melakukannya. Padahal masyarakat indonesia dalam penelitian tersebut rata rata menghabiskan 7-8 jam untuk berhadapan dengan layar per hari. Tentu apabila kita tidak pandai pandai menjaga dan merawat kesehatan mata hal ini akan berpengaruh pada kinerja aktivitas aktivitas kita. Tentu penting untuk diketaui Tips Kesehatan Mata

Fakta tentang Kesehatan Mata

Ada beberpa fakta tentang kesehatan mata yang harus kita ketahui, salah satunya tentang banyak anggapan bahwa mengkonsumsi wortel setiap hari akan membuat mata sehat, pandangan jernih dan menjegah rabun jauh. Faktanya, memang wortel mengandung karoten yang bermanfaat untuk mata, namun sumber karoten tak hanya bisa kita dapatkan dari wortel.

Fakta yang lain bahwa tidak benar kacamata harus dipakai terus menerus supaya minus tidak bertambah. Faktanya memakai kacamata secara terus menerus malah akan menambah minus anda karena mata anda akan dipaksa untuk melihat dengan fokus sesuai dengan ukuran lensa. Beberapa dokter menganjurkan untuk memakai kacamata yang lebih sedikit nilai minus lensanya dari minus yang anda derita

Tips Kesehatan Mata

Ada beberapa tips yang bisa anda lakukan untuk menjaga kesehatan mata diantaranya:

  • Istirahatkan mata ketika anda mulai merasa lelah, anda bisa menggunakan konsep 20:20:20 , 20 menit mata beraktifitas maka palingkan pandangan mata anda 20 deik kejarak 20 kaki untuk merefreshkan otot pada mata.
  • Jangan terlalu sering menonton televisi melihat layal laptop atau komputer dalam jarak yang terlalu dekat atau jauh. Tarak terbaik adalah1,5 sampai 3 meter dan hentikan aktivitas tersebut ketika mata sudah merasa lelah.
  • Bagi anda yang mer*kok, segeralah berhenti, karena hal ini dapat meningkatkan resiko beberapa penyakit mata yang akan terjadi.
  • Konsumsi makanan dan suplemen yang memiliki nutrisi baik bagi kesehatan mata, seperti vitamin A, C, E, seng, dan kandungan lutenin zeaxanthin lain~
  • Menjaga gula darah stabil dengan cara menjaga pola hidup sehat dan berolahraga. Gula darah tinggi dapat menyebabkan komplikasi pada mata seperti glaukoma, katarak dll.
  • Saat bekerja maupun sedang melakukan aktifitas fisik lainnya, lindungilah mata Anda , misalnya dengan  memakai kaca mata atau helm yang berguna untuk melindungi mata dari kerusakan, cedera, dan juga resiko kebutaan. Gunakan kacamata yang dapat melindungi mata dari sinar ultraviolet, atau memandang sinar yang terlalu menyilaukan

Tips Kesehatan Mata Tambah

  • Periksakan mata anda secara berkala apabila anda mulai mengalami gejala gejala gangguan dalam melihat atau sering merasakan pusing di sekitar daerah mata

Kesimpulan

Intinya untuk menjaga kesehatan mata konsumsilah sayur sayuran dan jaga pola hidup sehat. Hindari hal hal yang tidak sehat. Menjaga tubuh tetap fit, tidur dengan teratur dan tentunya hindari kebiasaan kebiasaan yang dapat menyebabkan mata cepat merasa lelah

Begitulah pembahasan tentang tips kesehatan mata. Yang perlu anda perhatikan untuk menjaga kesehatan mata adalah biasakan untuk tidak terlalu lelah menggunakan mata dalam beraktifitas. Selamat menjalankan tipsnya dan salam sehat.

You May Also Like

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: