Pegetahuan Lengkap tentang Floater

FLoaters

FLoaters

Pegetahuan Lengkap tentang Floater – Halo sobat lepaskacamata.com, kali ini tim kami akan sedikit menguraikan tentang salah satu keluhan yang sering dihadapi berkaitan tentang mata, yakni keluhan floater. Apa itu flaoter? Apa Gejalanya? Bagaimana cara penanganan yang baik?

Floaters adalah banyangan benda berukuran kecil hingga besar yang sangat tampak, biasanya tampak melayang layang pada penglihatan. Ukuran dari floaters ini biasanya bermacam macam, ada yang berbentuk bintik bintik hitam keci hingga bagian besar yang berbentuk tali panjang. Floaters ini biasanya muncl saat seseorang melihat cahaya terang seperti matahari. atau saat menatap sumber cahaya yangberwarna putih secara lama.

Di Indonesia, pada umumnya floaters terjadi karena faktor usia. namun beberapa faktor lain yang menyebabkan terjadinya floaters adalah terjadinya kecelakaan yang melukai mata, rabun dekat atau infeki pada mata. Floaters juga dapat disebabkan karena komplikasi dari penyakit diabetes dan pusing yang berkepanjangan.

Gejala Floaters

Floaters tidak menyebabkan rasa sakit ,namun lebih pada mengganggu penglihatan secara berlebih. Gejala floaters yang tidak berbahaya adalah seperti meliat bintik bintik kecil atau garis seperti bayangan tali pada mata. Namun jika gejalanya adalah bintik bintik bayangan tali yang berubah ukuran disertai melihat cahaya dan kehilangan penglihatan tepi sampai pandangan buram , maka sebaiknya anda segera berkonsultasi pada dokter.

Penyebab Floaters

  1. Usia, flaoters desebabkan karena kondisi mata semakin tua semakin mengalami perubahan,
  2. Pendarahan pada mata, ada beberapa hal yang dapat menyebabkan floaters salah satunya pendarahan pada mata atau terjadi gangguan pada pembuluh darah didalam mata, seperti kasus retinopati diabetik.
  3. Peradangan Mata pada bagian belakang. kondisi ini disebut juga dengan istilah uvetis posterior, di mana lapisan uvea ( lapisan dibola mata bagian belakang) mengalami peradangan akibat infeksi.
  4. Sobekan Retina. Sobekan retina ini dapat terjadi pada saat vitreus yang mengerut mampu menarik lapisan retina. Apabila tidak segera ditangani, sobekan retina ini akan menyebabkan lepasnya lapisan retina yang dapat berisiko untuk terjadinya kebutaan

Pengobatan Floaters

FLoaters biasanya tidak memerlukan pengobatan khusus karena dapat menghilang dengan sendirinya. Namun , jika kadar floaters tersebut dirasa sangat menggangu penglihatan ada beberapa cara yang dapat anda tempuh untuk melakukan proses penyembuhan yaitu dengan Terapi Laser dan Virektomi

mungkin itu saja artikel tentang “Pegetahuan Lengkap tentang Floater” semoga bermanfaat bagi sobat sekalian.

 

You May Also Like

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: