Mengenal Operasi LASIK pada Mata

Operasi lasik mata –  Halo sahabat lepas kacamata? Apakah saat ini sahabat sedang mencari informasi tentang operasi LASIK? maka sahabat berada pada artikel yang tepat. Karena pada artikel kali ini tim lepaskacamata akan membas tentang Apa sih Operasi Lasik ? Yuk coba simak artikel berikut.

operasi lasik mata

Pengertian Operasi Lasik

Baik mari kita bahas apa yang dimaksud Lasik, Istilah lasik  akronim dari Laser In Situ Keratomileusis  adalah serangkaian prosedur bedah yang digunakan untuk melakukan pengobatan pada mata terutama rabun jauh , rabun dekat dan astigmatisme. Selama melakukan operasi lasik dokter akan menggunakan bantuan laser yang berfungsi membentuk kornea untuk memperbaiki tingkat kefokusan lensa pada cahaya yang masuk ke telinga mata. Operasi ini adalah prosedur yang paling umum digunakan dalam bedak refraktif. Apa bedah refraktif?  , dalam istilah kedokteran refraktif adalah prosedur yang digunakan untuk mengubah bentuk jaringan transparan (kornea)

Hasil yang diberikan pada operasi lasik adalah agar kornea anda mampu membiaskan cahaya fokus pada retina. Sehingga hal ini dapat mengobati keluhan mata minus, plus maupun silinder.

Kegunaan operasi lasik

Secara lebih spesifik operasi lasik mata memiliki kegunaan mengobati kendala keluhan mata sebagai berikut:

  • Rabun Jauh (Miopia / Mata minus)
  • Rabun Dekat ( Hyperobia / Hypermetropi / mata plus)
  • Astigmatisme ( Maya Silinder)

Prosedur Operasi Lasik

Biasanya dokter tidak langsung menyarankan anda untuk melakukan operasi lasik . Hal ini menyangkut dengan ketebalan lapisan kornea anda. Sebelum operasi lasik mata dokter akan menjelaskan resiko resiko yang akan anda alami ketika melakukan operasi lasik, dan anda akan diberikan beberapa pertanyaan sebagai diagnosis yang harus anda jawab.

operasi-lasik-mata-prosedur

Setelah melakukan beberapa diagnosis anda akan memasuki ruang operasi dan terbaring di bawah perangkat bedah (excimer laser) . Terlebih dahulu mata anda akan diberikan beberapa tetes anestesi topikal sebagai bius agar mata anda mati rasa.Tepat pada kornea anda akan diletakkan cincin hisap yang berfungsi untuk meratakan korea, lalu dilakukan flap (pembukaan lapisan tipis di kornea dengan menggunakan laser. Jaringan di bawah flap akan dibersihkan, lalu flap akan di dilipat lagi sesuai dengan posisinya. Flap yang telah dibuka akan dijahit. Setelah operasi selesai dokter akan memberikan obat tetes mata dan pelindung mata agar mata terlindung dari gesekan serta sebagai pemulihan. Pemulahan operasi lasik sekitar 3 sampai 6 bulan.

Fakta seputar operasi lasik mata

  • Tidak Semua metode Lasik aman dilakukan
  • Tidak semua orang dapat melakukan operasi lasik
  • Operasi lasik bebas dari rasa sakit
  • LASIK berbeda dengan LASEK
  • Operasi Lasik telah dilakukan sejak 1990  dan pada tahun 2007 tercatat 17 juta orang pernah menjalani operasi ini dan 8 juta diantaranya berasal dari amerika.

Efek samping dan bahaya

Seperti halnya ketika anda melakukan operasi lain operasi lasik memiliki efek samping dan bahaya diantaranya

  • Penglihatan kembali buram. Seirning dengan waktu dengan konsisi tertentu karena adanya proses penyembuhan yang tidak selesai akan membuat anda justru memiliki pandangan yang buram
  • Undercorrections. Hal ini terjadi kika laser hanya menghilangkan sedikit jaringgan kornea sehingga hasilnya tidak sejelas yag diharapkan.
  • Overcorrections. terjadi ketika laser menghilangkan terlalu banyak jaringan kornea, dan hal ini lebih sulit diperbaik dari pada undercorrections.
  • Astigmatisme. Terbuka sekali kemungkinan setelah anda melakukan operasi lasik maka anda akan menderita silinder disebabkan karena pembersihan atau penghapusan jaringan kornea yang tidak rata.
  • Mata kering. Lasik yang dilakukan menyebabkan penurunan dalam produksi air mata. Setelah melakukan operasi lasik anda akan merasa mata anda kering. Ketika mata kering maka hal ini akan mengurangi kualitas penglihatan.

Perhatian!!

Lasik tidak dianjurkan bagi anda yang memiliki penglihatan cukup baik , memiliki pubil yang besar dan kornea yang tipis. Karena hal ini akan meningkatkan resiko yangterjadi ketika anda melakukan operasi lasik.

Jadi ada baiknya anda mempertimbangkan sebelum memilih untuk melakukan operasi lasik mata diskusikan dengan dokter yang menjadi kekhawatiran anda. Mengingat biaya operasi lasik juga tidak murah 🙂 So bagi sahabat ada baiknya lo untuk menjaga kesehatan mata dari sekarang.

You May Also Like

Leave a Reply

%d bloggers like this: