Mata Lelah Saat Baca Buku? Coba Cara Ini

Mata Lelah Saat membaca

Halo sahabat, apakah kamu mengalami keluhan mata lelah saat baca buku ?? Atau kamu tidak tau bagaimana tandanya mata dalam kondisi lelah??. Pada dasarnya seluruh aktivitas yang kita lakukan memerlukan mata sebagai organ yang cukup membantu dalam melihat objek objek disekitar kita . Apalagi jika anda saat ini sangat hobi dalam membaca dan mengoleksi buku, tentu saat mata lelah ini akan sangat menjengkelkan karena anda akan tidak nyaman dalam melakukan hobi anda. Mata lelah yang akut akan membuat anda menrasa sangat tidak nyaman karena dapat menyebabkan sakit kepala tau pusing dan penglihatan berbayang.

Penyebab paling umum kenapa mata lelah saat baca buku adalah jarak mata dengan buku yang kadang terlalu dekat serta pencahayaan yang tidak cukup baik sehingga membuat mata dan otot-otot mata harus bekerja lebih ekstra dalam aktifitas membaca buku. Belum ditambah intensitas menatap layar gawai yang sangat lama. Hal ini yang menjadi penyebab mata merasa lelah. Saat mata anda terasa lelah mata otot oto yang ada pada mata akan menegang  yang dalam dunia medis dikenal dengan istilah sindrom visi komputer. kenapa komputer? karena memang mata lelah banyak dialami oleh pekerja komputer yang rata rata menghabiskan harinya untuk berhadapan dengan layar komputer.

Baca Juga : Cara Menjaga Kesehatan Mata

Identifikasi kelelahan  pada mata anda dan lakukan tips tips agar mata anda tidak merasa lelah saat membaca. Simak gejala mata anda mengalami kelelahan sebagai berikut.

Gejala Mata Lelah

  • Sakit pada bagian mata
  • Nyeri di sekitar leher , bahu atau punggung
  • Pernglihatan kehilangan fokus kabur atau ganda
  • mata terasa kering
  • bola mata merah dan tidak segar

Setelah kamu tau gejala saat mata merasa lelah maka coba tips berikut

  1. Berkedip Kedip
    Tips obati mata lelah
    Dengan mengedip ngedipkan mata mata anda akan terasa segar sebab ketika kelopak mata tertupup menyapu bola mata dari kotoran cara sederhana ini juga dapat dilakukan rutin sebagai bagian dari senam mata. Jika mata anda merasa lelah maka coba kedip kedikkan mata untuk beberapa saat , rasakan sensasinya mata anda akan kembali segar.
  2. Memijat sekitar mata

    Memijat mata saat mata lelah

    Memijit daerah sekitar mata dengan pijatan rintik rintik menggunakan kedua tangan akan membantu untuk merelaksasikan otot sekitar mata yang sedang tegang karena lelah.

  3. Aturan 20:20:20

    aturan 20 20 20 mata lelah
    Sudah pernah dengar aturan 20:20:20 sebenarnya aturan ini lebih cocok untuk mencegah mata lelah baca buku terjadi, caranya cukup simpel. 20 menit mata anda beraktifitas di depan buku atau layar maka palingkan pandangan dengan jarak 20 kaki selama 20 detik. Car aini juga dapat mencegah anda dari gangguan mata seperti mata minus lho.

  4. Terapi Kantong Teh
    Tips hilangkan mata lelah
    Kantong teh juga bisa dipercaya untuk mengatasi mata yang lelah. Menggunakan kantong teh dingin, caranya Seduh 2 kantong teh ke dalam rebusan air di panci kecil, setelah mendidih matikan lalu dinginkan untuk mengeluarkan panasnya. Setelah kantong teh benar-benar dingin, tempatkan di mata dan buatlah kondisi rileks.
  5. Terapi sendok dingin

    Letakkanlah sendok di dalam kulkas agar sendok bisa dingin. Setelah itu sendok yang dingin tadi dapat anda letakkan pada mata sebagai refleksi dari mata yang lelah. coba dan rasakan sensari relaksasi dari sendok yang dingin,

 

Tetntunya masuh banyak cara lain yang dapat anda lakukan, dengan menjaga kesehatan mata dan menghindari kebiasaan kebiasaan buruk  yang menyebabkan mata lelah, kami yakin anda akan semakin leluasa beraktifitas denngan kondisi mata yang segar.

 

 

Orang Juga Mencari:

You May Also Like

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: