Manfaat Tanaman Kitolod

Manfaat Kitolod

Halo sobat lepaskacamata.com , Apakah saat ini kamu lagi mencari manfaat kitolod? Atau Kamu lagi was was apa sih bahaya dan efek samping dari kitolod. Kali ini tim lepaskacamata.com akan membahas tanaman yang berasal dar amerika dan tumbuh liar disekitar kita. Yuk simak manfaat kitolod.

Herbal Mata Minus

Baik mari kita mulai, kitolod atau dalam bahasa ilmiah dikenal sebagai Laurentina Longifora (linn)  atau Isotoma longifora ini memiliki ciri ciri bunga berwarna putih yang mana mahkotanya tampak seperti bintang karena hanya tersusun dari lima helai. Walaupun tanaman ini indentik seperti semak, kitolod memiliki buah yang berwarna hijau bentuknya mirip dengan lonceng. DI Indonesia banyak sekali sebutan untuk tananaman ini, di Jawa tanaman ini sering disebut dengan istilah daun kendali, bedalagi kalau disunda tanaman ini disebut dengn daun tolod. Secara biologis tanaman ini masuk kedalam kelas campanulaceae yang mengandung alkaloid ( Lobelin, lobelamin, isotomin) , flavonoida , dan polifenol. Lalu apa saja manfaat yang terkandung dari unsur unsur tersebut?

Tanaman tradisonal memang terkenal sebagai alternatif menghindari bahan bahan obat kimiawi yang memiliki efeksamping,  itu kenapa sejak zaman dahulu pengunaan tanaman tanaman yang terhampar dialam menjadi cara dalam menyembuhkan beebagai macam penyakit. Tidak terkecuali tanaman kitolod ini, namun perlu anda perhatikan bagaimana pemrosesan atau pengolaahan tanaman tanaman tradisional tersebut. Berikut Manfaat dari daun kitolod

  1. Antibiotik pada luka

Daun ini berfungsi sebagai antibiotik pada luka ringan seperti luka lecet saat anda teerjatuh, atau loka robek ringan. Cara penggunaannya pun gampang cukup ambil beberapa daun kitolod dan tumbuk sekiranya sampai halus dan tempelkan pada luka dan sekitarnya. Namun cara ini tidak di rekomendasikan pada luka berat atau sobek dalam. karena jika tidak dibersihkan bisa menjadi infeksi pada luka anda.

2. Obat mata

Manfaat yang satu ini adalah manfaat yang paling umum ditemukan , bunga kitolod sebagai obat mata yang mengalami iritasi. Penggunaan kitolod sebagai obat mata sudah terbukti aman secara ilmiah. Karena kitolod memiliki kandungan zat zat yang dibutuhkan oleh mata.

3. Asma dan radang tenggorokan

Banyak yang membuktikan dan menyakini daun kitolod dapat meredakan radang tenggorokan dan asma. Memalui pengolahan yang tepat manfaat daun kitolod sebagai obat asma dan radang tenggorokan akan lebih maksimal

Itulah diantara manfaat daun kitolod. Semoga Bermanfaat

Orang Juga Mencari:

You May Also Like

1 Comment

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: