Manfaat Daun Sirih Merah Untuk Mata Minus

Manfaat Daun Sirih Merah Untuk Mata Minus – Halo sobat berjumpa lagi dengan admin lepaskacamata.com bagaimana kabarnya? Semoga selalu dalam keadaan yang baik-baik saja, pada kesempatan kali ini lepaskacamata.com akan membahas tentang manfaat daun sirih merah untuk mata minus. Sobat pernah mendengar tentang tanaman sirih merah? Ternyata tanaman ini juga dapat digunakan untuk mengobati mata minus, mau tau caranya? Oke langsung saja.

Sirih Yang berasal dari tanaman Piper Betle mengandung minyak atsiri yang terdiri hidroksi kavikol, kavibetol, estargiol, eugenol, metileugenol, karvakrol, terpen, seskuiterpen, fenilpropan, dan tanil, yang baik untuk manusia. Daun sirih dapat bermanfaat untuk mata minus karena memiliki senyawa Ploevenol, senyawa yang terdapat dalam daun sirih merah ini dapat menghambat timbulnya penyakit mata yang berakibat pada kebiasaan buruk yang sering kita lakukan seperti contohnya membaca buku di tempat yang minim pencahayaan, menonton tv terlalu dekat, memandang monitor terlalu lama, bermain gadget atau smarthphone yang terlalu lama sehingga menyebabkan mata lelah, hal tersebut lah yang dapat membuat mata menjadi minus, rabun jauh maupun dekat, dan penyakit mata lainnya.

Tanaman sirih merah memang banyak ditanam oleh orang-orang karena khasiatnya dan juga keindahan daunya, tumbuhan ini berasal dari Sulawesi dan memiliki nama ilmiah Piper Ornatum. Tanaman ini mempunyai manfaat sebagai obat-obatan diantaranya Diabetes Militus, Hepatitis, Asam Urat, Batu Ginjal, Menurunkan Kolesterol, Mencegah Stroke, Keputihan, Radang Prostat, Radang Mata, Maag, Kelelahan, Nyeri Sendi, Memperhalus kulit, dan masih banyak lagi.

Kemudian bagaimanakah cara mengobati mata minus dengan menggunakan daun sirih merah? Untuk cara yang pertamana adalah debgan cara:

  • Pertama siapkan 6 helai daun sirih yang masih segar, lalu bersihkan daun sirih dengan air bersih dan megalir.
  • Kemudian rebus dengan 2 gelas air dan diberi sedikit garam terus diamkan sampai mendidih.
  • Setelah rebusan daun sirih itu mendidih, lalu angkat dan dinginkan sampai rebusan daun sirih itu benar – benar dingin.
  • Selanjutnya saring air rebusan daun sirih itu dengan saringan.
  • Kemudian, gunakan air rebusan daun sirih yang telah disaring itu untuk membersihkan mata yang sakit, lalu caranya dengan menggunakan sedikit air rebusan daun sirih tersebut yang dituangkan ke sebuah piring kecil lalu kedipkan secara perlahan pada mata minusnya. Lakukan pengobatan ini secara teratur pada waktu siang atau malam.

Selain dengan cara diatas ada juga cara lainya yaitu dengan cara:

Baca Juga Manfaat Jus Wortel Untuk Mata

  • Pertama anda siapkan daun sirih sebanyak 4 – 5 lembar yang masih segar, lalu cuci dengan air megalir
  • Setelah itu rendam daun sirih tersebut dengan 1/2 gelas air panas. kemudian setelah agak dingin, tumbuk sampai daun sirih nya benar benar sampai hancur.
  • Selanjutnya saring daun sirih tersebut. lalu gunakan dengan cara di jadikan obat tetes mata , lakukan pengobatan tersebut secara teratur 3 kali sehari 2 – 3 tetes per hari selama pengobtan berlangsung.

Cara-cara diatas dapat dilakukan dengan mudah dirumah, tapi cara diatas adalah cara pengobatan dengan cara tradisional yang dapat menimbulkan efek negatif jika air rebusan terkontaminasi atau tercampur oleh bakteri yang berbahaya bagi mata, oleh sebab itu pastikan semuanya benar-benar steril dan benar-benar bersih.

Mungkin itu saja yang dapat lepaskacamata.com ulas untuk hari ini semoga artikel ini bermanfaat untuk sobat sekalian, sampai jumpa lagi.

You May Also Like

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: