Iritasi Kelopak Mata

Iritasi Kelopak Mata – Hallo sobat!! Lepaskacamata.com kembali lagi untuk berbagi ilmu tentang mata untuk sobat semua, pernah mendengar istilah iritasi kelopak mata? Mungkin sobat sekalian belum terlalu familiar dengan istilah tersebut. Untuk itu ayo kita bahas bersama sama apa itu iritasi kelopak mata.

Iritasi kelopak mata atau yang bisa disebut dengan Blefaritis adalah sebuah peradangan yang berada pada tepi kelopak mata yang dapat menyebabkan bagian tersebut terlihat bengkak dan merah, kondisi ini umumnya terjadi pada kedua mata. Dan biasanya salah satu mata akan telihat lebih meradang dibandingkan mata yang satunya, keadaan ini bisa dialami oleh semua golongan usia , tapi tenang penyakit ini tidak menular.

Iritasi kelopak mata atau blefaritis ada tiga yaitu blefaritis anterior, posterior, dan campuran (kondisi blefaritis kombinasi dari anterior dan posterior).

Blefaritis anterior biasa ditandai dengan peradangan di seklitar kulit di sekitar pangkal bulu mata, dan jenis ini umumnya di sebabkan oleh reaksi terhadap bakteri staphylococcus. Selain itu juga terkait dengan kondisi dermatitis seboroik.

Kemudian Blefaritis posterior biasanya ditandai dengan peradangan pada kelenjar Meibomian akibat tersumbat oleh serpihan kulit, kotoran, dan inflamasi. Selain itu, penyumbatan pada kelenjar yang terletak di sepanjang tepi kelopak mata di belakang pangkal bulu mata ini juga bisa terkait dengan kondisi lainnya, yaitu rosacea.

Terus bagaimanakah gejala yang ditimbulkan jika kita mengalami iritasi kelopak mata. Yang paling sering adalah terjadi pembengkakan dan kemerahan pada kelopak mata di pagi hari. Selain itu juga ada gejala lainya yaitu Kelopak mata terasa gatal, Mata bisa tampak berair atau bisa tampak kering, Mata terasa berpasir dan panas, Pengelupasan kulit di sekitar mata, Bulu mata menjadi berkerak atau berminyak, Tepi kelopak mata terlihat bengkak, Kelopak mata menjadi lengket, Mata menjadi sensitif terhadap sinar matahari, Penglihatan tampak buram, Pertumbuhan bulu mata yang tidak normal, Tanpa disadari mata menjadi lebih sering berkedip, Tidak nyaman saat memakai lensa mata, Kehilangan bulu mata (pada kasus blefaritis parah).

Jika sudah terasa ada gejala terjadinya iritasi kelopak mata, cepat lakukan tindakan pertama sebelum menjadi parah yaitu dengan cara mencuci mata dengan air bersih dan mengompresnya dengan air hangat. Jika cara ini tidak berhasil segera konsultasikan ke dokter mata untuk penanganan yang lebih lanjut, selain menjalani pengobatan dari dokter lebih baik anda mengkonsumsi makanan yang mengandung Omega-3, dikarenakan zat tersebut dapat membantu penyembuhan gejala iritasi kelopak mata. Contoh makanan yang mengandung Omega-3 yaitu Ikan sarden, tuna, salmon, Kacang-kacangan, Kacang kedelai dan produk dari kacang kedelai, Biji-bijian, Sayuran berdaun hijau.

Baca Juga Apa Itu Konjungtivis?

Iritasi kelopak mata jika tidak segera ditangani dapat menyebabkan komplikasi, yang diantara yaitu Pertumbuhan bulu mata yang tidak normal, Kerontokan bulu mata, Bintit atau benjolan yang terasa menyakitkan di tepi kelopak mata akibat infeksi yang berkembang, Luka pada kelopak mata, Bentuk tepi kelopak mata yang berubah (melipat ke dalam atau ke luar), Konjungtivitis, Kalazion atau benjolan seperti bintit yang muncul di bagian dalam kelopak mata, Rasa tidak nyaman ketika memakai kontak lensa, Tukak pada kornea akibat iritasi berkepanjangan, Kerusakan pada kornea akibat tukak pada kornea yang tidak tertangani.

Sebaiknya anda melakukan pencegahan sebelum terjadi iritasi kelopak mata dengan cara mencuci muka sampai bersih setiap hari, jika anda seorang wanita yang memakai riasan wajah biasakan membersihkan terlebih dahulu sebelum tidur. Dan jika anda merasakn gatal jangan mengosoknya karena akan memperluas penyebaran infeksi.

Mungkin itu saja yang bisa lepaskacamata.com ulas untuk hari ini, semoga artikel ini bermanfaat bagi sobat sekalian.

Orang Juga Mencari:

You May Also Like

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: