Ciri Ciri Mata Sehat Normal

ciri mata sehat

Bagaimana mata normal itu? Dan bagaimana ciri mata sehat itu? Tentunya dua pertanyaan tersebut saling terkait satu dengan yang lainnya. Jika dikatakan normal berarti kondisi normalnya tersebut membuat mata sehat. Begitu juga sebaliknya, jika mata dikatakan tidak normal maka dapat dipastikan sang amat sedang mengalami gangguan atau suatu penyakit mata tertentu. Oleh sebab itu, seseorang dapat dikatakan mempunyai mata normal apabila tidak memerlukan kaca mata atau alat lain untuk melihat. Secara khusus dapat diartikan tidak memerlukan kaca mata untuk melihat jauh karena sinar yang jauh akan dibiaskan masuk ke dalam mata pada bintik kuning selaput jala. Sinar masuk pada bintik kuning dengan terlebih dahulu dibiaskan oleh media penglihatan komea dan lensa mata. Sehingga dapat disimpulkan bahwa mata yang normal merupakan mata di mana seluruh bagian-bagiannya dapat berfungsi dengan baik. Fungsi yang baik ini terkait dengan tidak adanya gangguan dan penyakit pada mata sehingga dapat pula dikatakan sebagai mata sehat.

Untuk melihat bagaimana mata itu normal perlu dilakukan tes penglihatan, jauh dan dekat. Jika mata seseorang masih dapat bekerja dengan baik untuk melihat benda jauh maupun dekat maka mata seseorang tersebut dapat dikatakan normal tanpa gangguan apa pun. Begitu juga sebaliknya atau salah satunya saja. Jika mata seseorang mampu melihat benda jauh secara jelas dan tidak apabila dekat maka mata mengalami gangguan Rabun dekat. Melihat jauh dapat dilihat dengan proses saat berkas cahaya paralel masuk ke mata melalui pupil. Cahaya dibiaskan pada saat melalui cornea dan lensa menuju ke macula. Selama proses ini otot ciliary dalam keadaan lemas.

Sedangkan untuk melihat dekat, otot cilary mengerut pada saat cahaya melalui lensa. Keadaan ini meningkatkan kekuatan lensa, dan membuat cahaya terfokus pada macula. Orang yang tidak mampu melihat dekat adalah orang yang lensa matanya telah mengeras dan tidak dapat merespons secara sama terhadap otot cilary. Sehingga orang tersebut sering kali memerlukan kaca mata baca. Hal ini sering kali kita temui pada usia tua di mana bagian-bagian mata sudah mengalami penuaan. Sehingga kinerja dari bagian-bagian mata tersebut menjadi berkurang.

ciri mata sehat alami

Mata normal juga sering kali dikatakan mata yang tidak mempunyai kelainan. Orang sering menyebut demikian apabila melihat mata seseorang terlihat berbeda pada umumnya. Padahal ia juga tidak mengalami gangguan penglihatan sama sekali. Oleh karena letaknya, bentuknya atau yang lainnya sehingga membuat seseorang dikatakan matanya tidak normal alias mempunyai kelainan. Meskipun demikian tidak dapat langsung serta merta divonis begitu walaupun kondisinya memang demikian. Yang dikatakan tidak normal itu apabila mata memang secara fisik berbeda dengan pada umumnya di samping itu juga mengalami gangguan penglihatan. Sehingga dapat dikatakan mata tidak normal. Kondisi ini tentunya telah meletakkan mata pada posisi sedang menerima gangguan penglihatan atau terserang suatu penyakit. Pada kondisi inilah sang mata juga dapat divonis sebagai mata yang tidak sehat.

Sedangkan mengenai  ciri mata sehat alami, banyak ahli kedokteran yang mengidentifikasikan ciri-ciri mata yang sehat. Di antaranya, kedudukan kedua bola mata lurus dan simetris, kelopak mata terang, tidak tampak ada bengkak, merah, atau pun pentolan, dan lapisan permukaan bola mata jernih, halus serta rata. Sehingga kesimpulannya adalah, mata yang sehat adalah mata yang memiliki penglihatan yang seimbang antara mata kanan dan mata kiri. Selain senantiasa terasa nyaman tentunya.

ciri mata sehat normal

Ciri Mata sehat Normal pada umumnya dapat diketahui dari luar, di mana mata terlihat cerah dan bersinar. Untuk mengetahui apabila ada kelainan pada mata perlu pemeriksaan mata dari dekat yang memerlukan bantuan senter atau lampu. Mata yang sehat dapat diketahui, apabila dari pemeriksaan ditemukan tanda- tanda sebagai berikut (sesuai dengan Departemen Kesehatan RI) :

  1. Kornea (selaput bening) benar-benar jernih dan letaknya di tengah (simetris) antar kedua mata.
  2. Bagian yang putih benar-benar putih.
  3. Pupil (orang-orangan mata) benar-benar terlihat hitam, jernih dan ada refleks cahaya, mengecil bila ada sinar.
  4. Kelopak mata dapat membuka dan menutup dengan baik.
  5. Bulu mata teratur dan mengarah keluar.
  6. Tidak ada sekret atau kotoran pada mata.
  7. Tidak ada pentolan pada kelopak mata.

Orang Juga Mencari:

You May Also Like

Leave a Reply

%d bloggers like this: