Ciri-ciri Mata Minus

Ciri-ciri Mata Minus – Mata minus memang menjadi penyakit yang cukup banyak penderitanya di sekitar kita, tidak hanya orang tua saja yang mengalaminya tapi mata minus juga bisa dialami oleh mereka yang dibilang masih berusia remaja bahkan anak-anak pun sekarang sudah ada yang menderita mata minus. Berikut ini adalah ciri-ciri mata minus yang umum terjadi.

  1. Harus Memincingkan mata agar pandangan bisa jelas atau fokus

Orang memiliki mata minus harus memincingkan mata terlebih dahulu agar dapat fokus melihat objek di depannya. Bahkan sering juga disertai dengan memajukan wajah mendekati objek tersebut.

 

  1. Sering Mengedipkan Mata

Orang yang memiliki mata minus akan lebih sering mengedipkan mata untuk dapat melihat lebih jelas.

 

  1. Mata Tegang atau lelah

Seorang yang memiliki mata minus akan memaksa mata unuk dapat fokus melihat benda yang jauh, usaha inilah yang membuat mata cepat lelah.

 

  1. Mata Merah

Mata merah adalah akibat dari mata yang tegang.

 

  1. Pusing atau sakit kepala

Karena mata terus dipaksa melihat dengan fokus maka akan berakibat pusing atau sakit kepala.

 

  1. Kesulitan melihat saat malam

Anda menyadari saat siang pengelihatan anda normal, tapi semua itu berubah saat hari mulai malam, pengelihatan anda akan terganggu khususnya saat anda sedang mengemudi.

Itulah tadi adalah ciri-ciri mata minus yang normal, terus bagaimana dengan ciri-ciri mata minus jika yang mengalami mata minus adalah anak-anak?

Sebenarnya ciri-cirinya  hampir sama dengan orang dewasa, tapi jika masih anak-anak kan tidak tau tentang mata minus. Jadi kita yang sebagai orang dewasa harus bisa melihat ciri-cirinya, dan inilah ciri-ciri mata minus pada anak yang harus dikenali sejak dini.

  1. Mengedipkan mata terlalu sering

Hampir sama dengan orang dewasa anak juga akan mengedipkan mata terlalu sering jika mengalami mata minus.

 

  1. Sering menabrak atau terjatuh

Ini terjadi karena jarak pandang yang terbatas dan akhirnya berakibat anak akan sering jatuh atau menakbrak benda disekitarnya.

 

  1. Sering menggosok matanya

Ini terjadi karena mata akan terasa pedas, perih, atau capek akibat dari mata yang dipaksa untuk melihat objek yang kurang jelas.

Kita sebagai orang dewasa juga harus lebih memperhatikan kesehatan mata anak, agar dapat didiagnosa lebih awal agar minus tidak tambah tinggi.

Baca Juga Mengenal Operasi LASIK pada Mata

Kemudian bagi orang sudah tau ciri-ciri mata minus dan ciri-ciri tersebut terjadi kepadanya bagaimanakah cara menyembuhkanya? Mata minus bisa disembuhkan dengan cara opersi atau dengan cara yang alami. Untuk cara yang alami ada berbagai macam tanaman yang dapat mengobati mata minus, tanaman itu adalah.

  1. Daun Sirih

Menurut para ahli daun sirih memiliki banyak manfaat karena dikenal dengan zat aromatik yang menghangatkan dan bersifat antiseptik. Disampin itu daun sirih juga mengandung minyak atsiri yaitu eugenol, karvakol, kadinen, kavikol dan sineol. Kandungan minyak atrisi dalam daun sirih memiliki daya untuk dapat mematikan kuman, fungisida, antijamur, antioksidan dan antiseptik.

 

  1. Daun Binahong

Merupakan tanaman rambat yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, dan juga dapat digunakan untuk mengobati mata minus. Caranya anda dapat menumbuk halus daun binahong lalu kompreskan pada mata selama beberapa menit. Jika sudah, cuci bersih dengan air mengalir.

 

  1. Kitolod

Bunga kitolod atau dinamakan juga bunga laurentia longiflora adalah sebuah bunga yang memiliki bentuk kelopak 5 buah, mirip dengan bintang yang tumbuhnya dibagian tepi jalanan atau pun semak. Meskipun pembudidayaan jenis bunga ini sudah dimulai dan tidak sedikit orang yang menyatakan bahwa bunga ini memilih khasiat terutama untuk kesehatan mata, yaitu untuk menyembuhkan mata minus.

Mungkin itu dulu yang bisa lepaskacamata.com tentang ciri-ciri mata minus, semoga bisa bermanfaat untuk sobat sekalian.

You May Also Like

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: