Cara Menyembuhkan Mata Bintitan

Cara Menghilangkan Mata Bintitan – hallo sobat!! Balik lagi dengan admin lepaskacamata.com seperti biasanya kali ini lepaskacamata.com akan membahas apa saja yang berhubungan dengan mata, dan pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang cara menyembuhkan mata bintitan, oke langsung saja kita bahas sama-sama.

Bintitan atau dalam medis disebut hordeolum adalah keadaan dimana bintil menyakitkan yang mirip jerawat atau bisul tumbuh di tepi kelopak mata. Kondisi ini sebagian besar bintitan hanya muncul hanya pada salah satu mata, dan tidak juga berdampak buruk pada kemampuan pengelihatan. Bintitan yang biasanya terjadi di kelopak mata bagian luar, tapi terkadang juga bisa muncul dibagian dalam jika sampai terjadi maka bintil yang tumbuh dibagian dalam akan lebih menyakitkan dari pada yang berada di luar.

Gejala-gejala yang menandai timbulnya bintitan adalah munculnya benjolan merah mirip bisul pada bagian kelopak mata, gejala lain yang menyertai kondisi ini adalah mata berair, mata atau kelopak mata yang memerah, kelopak mata bengkak dan terasa nyeri. Penyakit ini sebenarnya tidak perlu penanganan khusus tapi jika kondisinya tidak membaik setelah 2 hari lebih baik segera konsultasikan ke dokter.

Bintitan yang terjadi biasanya penyebab utamanya adalah bakteri stafilokokus, contoh infeksi bakteri yang dapat menjadi pemicu bintitan adalah infeksi yang terjadi pada akar bulu mata, kelenjar minyak, dan kelenjar keringat. Resiko bintitan akan meningkat apabila kita menyentuh mata dengan tangan yang kotor, ada juga factor lain yang menjadi penyebab seperti Menggunakan kosmetik yang sudah kedaluwarsa, Tidak membersihkan kosmetik ketika akan tidur, Memakai lensa kontak yang tidak steril atau tangan Anda tidak bersih saat memasangnya, Mengidap peradangan pada kelopak mata atau blefaritis, terutama tipe kronis. Kondisi ini dapat disebabkan oleh infeksi bakteri atau komplikasi akibat penyakit kulit rosaseae.

cara menghilangkan mata bintitan adalah dengan didiamkan saja karena akan sembuh dengan sendirinya dalam waktu 7 hingga 20 hari, bintitan akan sembuh setelah pecah dan mengeluarkan nanah tapi jangan memecahnya sendiri biarkan pecah secara alami. Tapi jika tidak ada perubahan dan menyebar lebih baik segera konsultasikan ke dokter. Disaat anda mengalami bintitan akan ada rasa tidak nyaman oleh sebab itu kita harus melakukan tindakan untuk mengurangi gejala serta ketidaknyamanan karena bintil tersebut diantaranya.

Baca Juga Mata Lelah Saat Baca Buku? Coba Cara Ini

  1. Menjaga kebersihan mata, misalnya dengan menghindari pemakaian kosmetik untuk sementara.
  2. Kompres air hangat selama 5 sampai 10 menit. Mengompres kelopak mata dengan air hangat sebanyak 2-3 kali sehari dapat mengurangi rasa nyeri sekaligus mempercepat kesembuhan.
  3. Jangan memakai lensa kontak. Hindari lensa kontak sampai bintitan sembuh.
  4. Anda bisa mengonsumsi analgesik atau obat pereda sakit jika dibutuhkan.

Seperti yang disingung di atas jika kondisi tidak membaik dan ditambah rasa nyeri bertambah, lebih baik segera konsultasikan ke dokter.

Agar kita terhindar dari bintitan dan agar tidak ribet dengan cara menghilangkan mata bintitan, kita harus tau cara pencegahanya, dan cara-cara sederhana berikut dapat mengurangi resiko terjadinya bintitan, diantaranya.

  1. Jangan menggosok mata. Tindakan ini dapat memicu iritasi dan berpindahnya bakteri ke mata.
  2. Lindungi mata Anda dengan cara mencuci tangan sebelum menyentuh mata atau memakai kacamata pelindung saat membersihkan rumah agar terhindar dari debu.
  3. Jika Anda memakai lensa kontak, cuci dan sterilkan sebelum digunakan. Pastikan Anda tidak lupa mencuci tangan sebelum memasangnya.
  4. Perhatikan kosmetik yang Anda gunakan. Hindari kosmetik yang kedaluwarsa, bersihkan dandanan pada mata sebelum tidur, dan buanglah kosmetik untuk mata yang pernah Anda gunakan sebelum dan sewaktu mengidap bintitan.
  5. Segera tangani infeksi atau inflamasi pada kelopak mata anda dengan seksama.

Dengan cara sederhana tersebut diharapkan dapat mengurangi resiko terjadinya bintitan di mata, dan agar mata anda tetap segar digunakan untuk beraktifitas.

Mungkin itu saja yang dapat admin lepaskacamata.com bahas untuk hari ini, semoga artikel ini berguna untuk sobat sekalian, sampai jumpa lagi.

You May Also Like

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: