Apa Itu Rabun Senja?

Hallo Sobat!! Pernah mendengar tentang rabun senja? Mungkin sudah banyak orang yang tau karena kelainan ini sudah cukup akrab ditelinga kita, tapi apakah sobat sudah benar-benar tau atau hanya sekedar tau. Jika belum kali ini lepaskacamata.com akan mengulas lebih dalam apa itu rabun senja, oke langsung saja.

 

 

Rabun Senja atau bisa di sebut juga nyctalopia adalah suatu kondisi dimana terjadi penurunan daya pengelihatan yang dialami oleh seseorang pada waktu senja hari atau saat pencahayaan meredup, ini diakibatkan oleh kerusakan pada fungsi sel batang pada retina.

Sebenarnya mata diciptakan untuk dapat menyesuaikan diri dengan odisi gelap atau terang dalam waktu yang singkat. Pada penderita rabun senja terjadi penurunan kemampuan mata untuk beradaptasi atau menyesuaikan pengelihatan dengan pencahayaan redup. Hal tersebut terjadi apabila terdapat degenerasi (penurunan fungsi) pada sel batang, yaitu adalah sel saraf sensorik mata yang bekerja pada pencahayaan redup. Rabun senja juga bisa terjadi apabila terdapat kekurangan pigmen rhodopsin pada sel batang tersebut, bisa juga karena keturunan, atau karena kekurangan vitamin A. Walaupun bisa diobati tapi tidak semua rabunsenja bisa diobati tergantung dari tingkat keparahan atau kerusakan yang dialami oleh penderita.

 

 

Kemudian apa ciri-ciri dari rabun senja itu? Ciri-ciri dari penderita rabun senja yaitu.

  1. Tidak kuat menonton televisi atau membaca dalam waktu yang terlalu lama.
  2. Kesulitan untuk melihat dimalam hari dan kesulitan melihat dalam pencahayaan kurang.
  3. Orang yang rabun senja bisa saja menderita mata kering.
  4. Orang yang menderita rabu senja sering mengeluhkan tentang pengelihatanya yang kabur dan bisa saja memiliki gangguan pengelihatan yang kurang baik.
  5. Penderita rabun senja bisa saja tidak bisa melihat jelas bintang-bintang dimalam hari.
  6. Susah atau mungkin saja tidak bisa melihat jalan dimalam hari.
  7. Mata akan membutuhkan lebih banyak waktu untuk beradaptasi ketika datang dari daerah yang terang benerang ke daerah yang gelap.

 

 

Setelah kita mengetahui ciri-ciri dari penderita rabun senja terus bagaimanakan cara kita untuk mencegah agar kita terhindar dari rabun senja? Cara pencegahanya yaitu.

Baca Juga Cara Mengobati Mata Minus

  1. Rutin mengkonsumsi makanan dengan kandungan antioksidan dan mineral tinggi.
  2. Selalu memantau kadar gula darah secara rutin.
  3. Menggunakan kacamata hitam saat beraktivitas di bawah panas terik sinar matahari guna menghindari kesilauan.
  4. Banyak mengkonsumsi makanan bervitamin A.

Itulah cara pencegahan agar kita tidak terkena rabun senja, karena penderita rabun senja akan sangat kesulitan untuk beraktifitas dimalam hari.

Mungkinitu saja penjelasan tentang rabun senja yang lepaskacamata.com rangkum, semoga bisa bermanfaat untuk sobat sekalian.

You May Also Like

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: