Apa Itu Mata Silinder dan Apa Bahayanya?

Apa Itu Mata Silinder dan Apa Bahayanya? – Hallo sobat!! Pernah dengar tentang mata slinder? Mungkin banyak sobat yang sering mendengar istilah tersebut, lalu apakah mata slinder itu? Mata Silinder atau Astigmatisme adalah sebuah keadaan dimana lensa atau kornea mata memiliki lengkungan yang tidak sempurna, hal ini menyebabkan titik cahaya jatuh di beberapa titik pada bagian depan atau belakang retina, sehingga mata tidak dapat melihat objek dengan jelas atau kabur, sesuai dengan namanya kacamata untuk penderita silinder berbentuk seperti setengah tabung dengan potongan cekung yang disesuaikan dengan keadaan mata. Sebagai perbandingan gambar 1 dan gambar 2 adalah ilustrasi lensa konveks (+), sementara gambar 3 dan gambar 4 adalah ilustrasi lensa silinder.

Gambar 1
Gambar 2
Gambar 3
Gambar 4

 

Kemudian apakah bahayanya jika mempunyai mata silinder? bisa dikatakan jika mempunyai mata silinder itu berbahaya karena kan menimbulkan dampak yaitu.

1.Mata Akan Mudah Lelah dan Mengantuk

kelainan mata silinder mempunyai kecenderungan merusak saraf mata dan menyebabkan mata menjadi lemah, dampaknya adalah kemampuan untuk mempertahankan mata terjaga akan semakin berkurang, dengan kata lain adalah mata akan mudah mengantuk.

Dan cara menanganinya adalah dengan cara menistirahatkanya, hentikan aktifitas yang berhubungan dengan kinerja mata seperti membaca atau bekerja dengan komputer. Jika cara ini tidak berhasil alternatifnya adalah dengan cara mengkompres mata dengan teh celup yang sebelumnya direndam dalam air dingin. Kompreskan pada kedua mata beberapa saat, dengan cara ini mata akan kembali segar.

2.Sakit Kepala

Sakit kepala biasanya akan muncul secara tiba-tiba, dan jika tidak di tangani secara benar jaringan saraf mata yang menuju otak akan mengalami ketegangan. Hal ini yang akan mengakibatkan aliran darah menjadi tidak lancar, yang berakibat kepala akan terasa sakit. Jika silinder semakin parah, intensitas sakit kepala juga akan semakin parah.

3.Pengelihatan Memburuk

Pada awalnya penderita mata silinder tidak sadar, mereka sadar disaat pengelihatan mulai terganggu dan semakinmemburuk. Jika sudah ada gangguan berupa pengelihatan bayangan kabur sebaiknya segera periksakan ke dokter. Ketika tingkat silinder sudah semakin tinggi jarak maksimum pengelihatan hanya berjarak 10 meter saja, lebih dari jarak itu maka akan kesulitan mengenali wajah seseorang. Selain itu juga penderita mata silinder juga akan mengalami silau yang berlebihan ketika melihat cahaya pada malam hari.

4.Ablasio Retina

Ablasio Retina  adalah peradangan pada mata, jika dibiarkan ini akan menyebabkan penyusutan saraf pada mata. Kebiasaan buruk paling berperan pada timbunya ablasio retina adalah kebiasaan menggunakan mata yang buruk, seperti terlalu lama di depan komputer, laptop, atau gadget.

5.Kebutaaan

Hal terburuk adalah terjadinya kebutaan, ini terjadi jika mata silinder tidak mendapat penanganan yang tepat. Bukan hanya penderita silinder tapi penderita minis juga dapat mengalami kebutaan walaupun kasus ini masih jarang terjadi, sebaiknya segera lakukan penanganan yang tepat sebelum hal tersebut terjadi.

Jadi jangan pernah sepelekan kelainan mata silinder atau pun mata minus karena jika di biarkan akan berpotensi menyebabkan kebutaan.

 

Setelah kita mengetahui dampak dan bahayanya terus bagaimana cara kita untuk mengobatinya? Separah apapun mata silinder itu sebenarnya tetap masih bisa disembuhkan dan berikut adalah caranya.

1.Gunakan Kacamata dan Lensa Kontak

Berbeda dengan mata minus, pada umumnya ukuran mata silinder tidak akan bertambah jika anda menggunakan kacamata yang tepat. Namun jika anda  tidak terbiasa menggunakan kacamata anda bisa coba menggunakan lensa kontak.

2.PRK dan LASIK

PRK (Photorefractive Keratectomy) adalah salah satu prosedur bedah untuk memperbaiki mata silinder. Caranya dengan mengupas epitel (lapisan luar kornea) lalu menipiskan lapisan stroma dengan sinar laser.

Selain PRK, LASIK (Laser-Assisted in situ Keratomileusis) menjadi salah satu metode populer untuk memperbaiki  kelainan mata minus, plus, dan silinder. Secara umum, operasi ini akan mengembalikan lengkungan mata menjadi normal kembali. Sayang, operasi ini membutuhkan biaya yang cukup mahal.

3.Olahraga Mata

Caranya lakukan olahraga mata setiap hari, minimal saat pagi dan malam sebelum tidur. Yang bertujuan untuk melatih mata agar lentur dan mendapatkan cukup oksigen. Caranya pun bisa dibilang mudah. Anda hanya perlu mengerakan mata ke kanan dan kekiri, lalu pandang lurus ke depan. Lalu, pijit perlahan bagian bawah kepala.

4.Kompres dengan Air Hangat

Saat anda membutuhkan kacamata jangan jadikan sebuah ketergantungan. Setiap harinya kompres mata dengan air hangat. Dengan tujuan untuk membuat otot mata menjadi lentur, rileks, dan tidak tegang.

5.Stop Kebiasaan Buruk

Segera hentikan kebiasaan buruk anda seperti membaca terlalu lama, menonton tv terlalu dekat, atau terlalu lama menatap layar komputer ataupun gadget anda. Satu hal yang penting lakukan aktivitas anda senyaman mungkin, jangan sampai mata terlalu lelah dan tegang.

6.Konsumsi Suplemen Mata

Mata silinder bisa disebabkan kurangnya asupan zat/gizi pada mata. Untuk menyiasatinya anda bisa mengkonsumsi suplemen mata yang mudah di dapat di apotek. Selai mengkonsumsi suplemen anda juga dapat mengkonsumsi suplemen alami seperti wortel, ikan salmon, tomat, atau blueberry.

Itulah informasi tentang penyakit mata silinder, semoga artikel ini bermanfaat ya sobat

You May Also Like

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: