Apa itu Mata Belekan?

Apa itu mata belekan? – hallo sobat kali ini lepaskacamata.com berkesempatan untuk berbagi artikel lagi, dan kali ini kita akan membahan tentang mata belekan. Pasti sobat sering sekali mendengar apa itu mata belekan, karena penyakit ini sering terjadi di sekitar kita, bahkan admin lepaskacamata.com pun pernah mengalaminya. Okelah tanpa basa-basi lagi ayo kita bahas tentang apa itu mata belekan.

Mata belekan adalah keadaan dimana mata terdapat belekan dan belekan itu adalah suatu endapan deposit dari dalam mata, yang berasal dari garam yang ada di air mata. belekan lebih sering terjadi pada anak-anak dan sangat mudah sekali menular. Belekan disebabkan oleh infeksi menular pada konjungtiva. Konjungtiva adalah selaput bening pada mata yang menutupi bagian mata bewarna putih serta permukaan mata dalam pada kelopak mata. Penyakit ini disebabkan oleh bakteri dan virus.

Penyebab paling utama mata belekan adalah infeksi virus, terkadang disertai infeksi bakteri. Penyakit ini dapat membuat mata menjadi merah, bengkak dan nyeri serta membuat produksi kotoran mata bertambah. Tanda yang khas adalah bulu mata saling menempel dan sulit dibuka pada saat bangun tidur karena terlalu banyak kotoran lengket yang membuat bulu mata menyatu.

Penyebabnya ada bermacam-macam, seperti alergi (debu, sebuk, bulu, angin, parasit, asap, hingga penggunaan lensa kontak yang kurang bersih), infeksi virus & bakteri. Virus yang menyebabkan penyakit ini biasanya ditunggangi oleh kuman sehingga terjadi infeksi pada bagian mata.

Baca Juga 7 Makanan Menjaga Kesehatan Mata

Dan untuk pengobatan mata belekan biasanya menggunakan ramuan herbal, dan berikut adalah contoh ramuan yang dapat menyembuhkan belekan.

  1. Daun Sirih

Daun sirih memang terkenal memiliki banyak khasiat, salah satunya untuk mengobati mata belekan. Caranya, siapkan beberapa lembar daun sirih pastikan anda cuci bersih terlebih dahulu, rebus daun sirih hingga mendidih dan tambahkan sedikit garam dapur. Jika sudah angkat daun sirih tunggu hingga dingin. Peras daun sirihnya dengan menggunakan kain bersih, perasan tersebut lah yang digunakan untuk menggobati mata belekan.

  1. Bawang Putih

Mungkin sobat berfikir bahwa bawang putih membuat mata pedih dan berair, tapi sebenarnya bawang puih merupakan obat mata yang cukup efektif. Caranya wajah anda harus bersih, cuci dulu wajah anda dengan air bersih usahakan kotoran di mata anda bersih kemudian keringkan wajah dengan handuk yang bersih.

Selanjutnya ambil satu siung bawang putih jangan lupa cuci bersih terlebih dahulu, kemudian potong ujung bawang dan oleskan ujung bawang tersebut secara perlahan sejajar dengan akar bulu mata (kelopak mata bawah). Yang perlu diperhatikan adalah jangan oleskan di kelopak mata atas, dan anda juga harus menahan rasa pedih, gatal, geli yang mungkin anda rasakan.

Lebih baik sobat menggunakan bawang putih ini sebelum anda tidur dan lakukan secara rutin setiap malam agar anda cepat sembuh.

Mungkin itu saja yang bisa lepaskacamata.com ulas tentang penyakit mata belekan, semoga artikel ini bisa berguna dan bermanfaat bagi sobat semuanya.

You May Also Like

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: