Apa Itu Degenerasi Makula?

Hallo Sobat!! Kali ini lepaskacamata.com akan mengulas tentang Degenerasi Makula, sobat pernah dengar? Jika belum pernah lebih baik sobat membaca artikel ini sampai habis.

Degenerasi Makula atau bisa disebut age-related macular degeneration (AMD/ARMD) adalah sebuah penurunan pengelihatan pusat, yaitu adalah kemampuan memandang ke depan. Makula adalah suatu area kecil di tengah lapisan bagian retina mata dengan jumlah sel batang dan kerucut terbanyak. Yang dimana area ini berperan penting bagi manusia untuk dapat melihat dengan baik di saat terang maupun gelap. sementara Pengelihatan sisi (peripheral vision) tidak memiliki jumalah sel yang sama dengan bagian makula sehingga menghasilkan pengelihatan yang tidak fokus atau tajam.

 

 

Makula akan membantu manusia untuk lebih mandiri dan lebih waspada terhadap benda atau keadaan di sekitar diri sendiri. Kondisi ini akan mempengaruhi secara langsung kemampuan membaca, menyetir, menulis, atau mengenali wajah seseorang, namun tidak akan berpengaruh kepada pengelihatan sisi atau sekeliling, kemudian kondisi ini akan berkembang secara bertahap tergantung kepada tingkat keparahannya. Degenerasi makula merupakan penyebab gangguan penglihatan paling umum di negara-negara maju. Di asia sendiri, sekitar 6 dari 100 orang ditemukan menderita degenerasi makula.

 

 

Kemudian apakah Degenerasi Makula bisa dicegah? Jawabanya bisa, berikut ini adalah beberapa cara untuk mencegah degenerasi makula.

  1. Hentikan segera kebiasaan merokok.
  2. Selalu menggunakan kacamata surya untuk melindungi mata dari paparan sinar ultraviolet.
  3. Rutin memeriksakan mata agar jika terjadi gejala kita bisa mengobatinya lebih awal.
  4. Membiasakan makan makan yang sehat dan sesuai dengan kondisi tubuh, perbanyak makan makanan yang mengandung antioksidan, ikan, buah, dan sayuran.
  5. Dapatkan lebih banyak nutrisi tambahan dengan mengkonsumsi supleen yang mengandung vitamin A, C, E, zinc, dan tembaga. Karena suplemen dengan jumlah yang cukup an sesuai dapat membantu mengurangi resiko kehilangan pengelihatan.

 

Terus bagaimana jika sudah terlanjur terjadi degenerasi makula, apakah masih bisa sembuh? Pengobatan degenerasi makula dibedakan menurut jenisnya.

AMD Kering

AMD Kering adalah jenis AMD yang tidak bisa disembuhkan, walupun tidak bisa di sembuhkan tapi perkembanganya bisa di perlambat jika penyakit ini bisa didiagnosis lebih awal. AMD kering juga bisa diperlambat dengan cara berikut.

  1. Mengkonsumsi suplemen dan vitamin yang mengandung antioksidan, seng, vitamin E, dan vitamin C yang dikonsumsi sesuai dengan kondisi fisik dan kesehatan penderita. Lebih baik diskusikan terlebih dahulu dengan dokter Anda mengenai dosis yang aman dan sesuai.
  2. Mengubah pola makan dengan yang sehat yaitu konsumsi makanan yang mengandung banyak zat antioksidan, seperti bayam, brokoli, dan kacang-kacangan dalam jumlah yang cukup. Makanan yang mempunyai kandungan zinc juga baik untuk penderita AMD, seperti daging sapi, daging domba, susu, keju, yoghurt, dan roti gandum. Makanan lainnya yang bisa dikonsumsi adalah minyak zaitun, salmon, tuna, dan walnut.
  3. Sesuaikan pengobatan AMD kering dengan pengobatan lainnya yang sedang dialami oleh penderita, semisal penyakit jantung dan tekanan darah tinggi.
  4. Menjaga berat badan yang proporsional dengan tinggi tubuh.
  5. Berhenti merokok

Kemudian terapi AMD kering juga bisa dilakukan, yaitu.

Baca Juga Manfaat Daun Kelor Untuk Kesehatan Mata

  1. Rehabilitasi penglihatan. Rehabilitasi ini bisa membantu penderita AMD kering untuk bisa beradaptasi dengan perubahan pada penglihatan tengah/pusat mereka yang menurun. Selain dokter mata, rehabilitasi juga bisa dilakukan dengan bantuan seorang spesialis rehabilitasi penglihatan atau tenaga terlatih lain yang sudah berpengalaman di bidang ini.
  2. Pemasangan lensa teleskopik. Terapi pembedahan ini umumnya dipilih untuk penderita AMD kering yang kedua matanya sudah terinfeksi. Pemasangan lensa teleskopik diharapkan bisa meningkatkan kemampuan melihat penderita, namun hanya bekerja pada satu mata saja. Lensa ini dapat memperbesar area pandangan penderita, serta penglihatan jarak jauh dan dekat yang akan berguna saat mengenali rambu-rambu di jalanan.

 

 

AMD Basah

Untuk AMD Basah, pengobatan yang dilakukan adalah pemberian suntikan anti VEGF (anti-vascular endothelial growth factor) berguna untuk menghentikan atau menghambat hilangnya penglihatan. Obat ini akan bekerja dengan cara menghalangi pembentukan pembuluh darah baru di area makula.

Obat ini disuntikan langsung ke bola mata yang biasa dilakukan setiap 4 minggu selama 2 tahun, pengobatan yang lainya yang bisa dilakukan adalah.

  1. Terapi laser. Terapi ini sulit untuk dilakukan karena dapat menyebabkan jaringan parut pada makula dan kehilangan penglihatan.
  2. Terapi fotodinamis. Terapi ini dilakukan dengan cara menyuntikkan obat khusus ke dalam pembuluh darah. Kemudian, obat ini akan mengikat pembuluh darah baru yang tumbuh di makula. Setelah itu laser akan ditembakkan pada pembuluh darah tersebut yang bertujuan untuk menghambat perkembangan AMD basah.

Terapi lainnya yang bisa diberikan kepada penderita AMD kering maupun basah yang sudah berada pada tahap akhir adalah intraocular lens system. Terapi ini menggunakan beberapa lapisan lensa mini secara berurutan untuk membelokkan gambar yang dipantulkan pada makula ke bagian lain dari retina yang masih berfungsi. Lensa-lensa ini akan membuat gambar menjadi lebih jelas dan besar di area tersebut dan penderita akan membutuhkan rehabilitasi penglihatan untuk beradaptasi dengan keadaan ini.

Walau sebagian kasus yang menggunakan jenis terapi ini menunjukkan hasil yang baik, namun terapi ini juga memiliki kemungkinan terjadinya komplikasi yang serius, termasuk juga naiknya tekanan di area mata atau bahkan menyebabkan kerusakan mata. Hal lain yang bisa menjadi kendala adalah biaya perawatan yang tinggi karena lensa harus disesuaikan dengan masing-masing kondisi penderita.

Mungkin itu saja info yang lepaskacamata.com bisa sampaikan, semoga info ini bisa bermanfaat bagi sobat sekalian.

You May Also Like

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: